Balenciaga Jual Tas Rp 28 Juta, Ternyata Tiru Desain Toko Suvenir?

Alissa Safiera - wolipop Senin, 06 Agu 2018 14:00 WIB
Desain Tas Balenciaga Mirip Tas Toko Suvenir. Foto: Balenciaga Desain Tas Balenciaga Mirip Tas Toko Suvenir. Foto: Balenciaga

Jakarta - Balenciaga kembali merilis tote bag jutaan Rupiah yang desainnya terlihat murahan. Setelah sukses dengan tas pasar dan Ikea, sekarang rumah mode high-end Spanyol itu mengambil inspirasi dari tas-tas di toko suvenir.

Kali ini mungkin tak hanya terinspirasi namun memiliki desain yang mirip. Sampai-sampai perusahaan suvenir asal New York, City Merchandiser mengajukan gugatan untuk desain tasnya yang ditiru Demna Gvasalia, creative director Balenciaga.

Baca juga: Kemeja Balenciaga Disebut Mirip Kantong Plastik Sampah

City Merchandise yang punya tagline 'Salah satu distributor suvenir terbesar di Amerika' menuntut kemiripan desain tasnya dengan milik Balenciaga. Dikutip dari Fashionista, desain tas milik City Merchandiser sudah didaftarkan hak ciptanya sejak bulan Februari.
Balenciaga Jual Tas Rp 28 Juta, Ternyata Tiru Desain Toko Suvenir?Desain Tas Balenciaga Mirip Tas Toko Suvenir. Foto: Balenciaga

"Jelas, 'konsep dan rasa' antara desain pada barang-barang Penggugat dan barang-barang Tergugat adalah identik. Efek keseluruhan dari desain tiruan Terdakwa tidak hanya mirip dengan desain asli Penggugat, tetapi hampir tidak bisa dibedakan," tulis gugatan pihak City Merchandiser.

Harga tas suvenir bertuliskan New York City dari City Merchandiser dijual sekitar US$ 19.99 atau Rp 280 ribuan. Milik Balenciaga dijual berkali-kali lipat lebih mahal, yaitu hampir US$ 1.950 atau Rp 28 jutaan.
Balenciaga Jual Tas Rp 28 Juta, Ternyata Tiru Desain Toko Suvenir?Desain Tas Balenciaga Mirip Tas Toko Suvenir. Foto: Balenciaga

Baca juga: Balenciaga Rilis Kemeja Nempel di Kaus yang Bikin Netizen Bingung

Bukan kali ini saja Balenciaga membuat tas yang mirip dengan label lain. Sebelumnya, Balenciaga pernah merilis tote bag warna biru dan kuning yang sangat mirip tas belanja dari Ikea.
Balenciaga Jual Tas Rp 28 Juta, Ternyata Tiru Desain Toko Suvenir?Foto: Dok. Balenciaga




Tonton juga 'Netizen Samakan Tas Balenciaga Rp 28 Juta dengan Kantong Belanja Ikea':




Balenciaga Jual Tas Rp 28 Juta, Ternyata Tiru Desain Toko Suvenir?

(asf/asf)