Label Fashion Ivanka Trump Diboikot di Kanada?

Daniel Ngantung - wolipop Kamis, 19 Jul 2018 10:54 WIB
Ivanka Trump. Foto: Getty Images Ivanka Trump. Foto: Getty Images

Jakarta - Ketegangan antara Kanada dan Amerika Serikat rupanya berimbas pada bisnis fashion Ivanka Trump. Sebuah department store Kanada dikabarkan memboikot produk label fashion Ivanka Trump.

Keputusan ini diambil oleh Hudson's Bay Company, perusahaan ritel yang juga menaungi department store Saks Fifth Avenue dan Lord & Taylor untuk kawasan Kanada.

Independent mengabarkan, perusahaan tersebut mulai menghentikan penjualan produk fashion Ivanka Trump pada situs resmi mereka. Menyusul kemudian, penjualan produk Ivanka di toko-toko.

Pemberlakukan kebijakan tersebut muncul setelah penetapan tarif dagang Trump yang dinilai merugikan Kanada. Kondisi tersebut kian diperburuk dengan pernyataan Presiden Trump yang dianggap merendahkan Perdana Menteri Justin Trudeau.

Berbagai kampanye pemboikotan produk Trump dan kampanyenya tengah marak bermunculan di Kanada. Salah satu kampanye tersebut adalah Grab Your Wallet. Kampanyenya 'menyerang' perusahaan-perusahaan yang punya hubungan bisnis dengan Trump dan kroninya.

Meski Hudson's Bay Company hanya menyebut performa penjualan produk Ivanka yang buruk menjadi alasan utamanya, banyak yang berasumsi ramainya kampanye pemboikotan dan desakan masyarakat turut ambil andil.

"Terima kasih Hudson's Bay karena telah mengeluarkan produk Ivanka Trump. Dia tidak boleh bertambah kaya dari uang perempuan Kanada," kicau seorang netizen di Twitter.

Fokus menjadi penasehat kepresidenan, Ivanka Trump memang telah menyerahkan urusan labelnya kepada orang lain. Namun, ia tetap berhak menerima royalti dari penjualan produknya. Menurut laporan The New York Times, Ivanka mengantongi pemasukan sebesar US$ 5 juta dari bisnis fashionnya tahun lalu.


Tonton juga video: 'Label Fashion Ivanka Trump Mendadak Ganti Nama'


(dng/eny)