Mengenal Met Gala, Ajang Fashion yang Tiketnya Seharga Rumah

Daniel Ngantung - wolipop Selasa, 08 Mei 2018 08:25 WIB
Penampilan maksimal selebriti di MET Gala 2018. Foto: Dok. Reuters, Getty Images Penampilan maksimal selebriti di MET Gala 2018. Foto: Dok. Reuters, Getty Images

Jakarta - Senin pertama Mei selalu menjadi momen istimewa bagi insan mode dunia. Di hari itulah, berlangsung Met Gala 2018 atau Met Ball, hajatan terakbar di industri mode yang harga tiketnya bisa mencapai ratusan juta rupiah!

Eksis sejak 1948, Met Gala merupakan acara amal tahunan yang rutin digelar setiap Senin pertama Mei di Metropolitan Museum, New York City, AS. Tujuan awalnya menggalang dana dari kaum elite New York untuk didonasikan kepada museum sekaligus merayakan pameran tahunannya.

Pada 1995, Met Gala bertransformasi setelah diambil alih oleh Pemimpin Redaksi majalah fashion Vogue Amerika Serikat Anna Wintour. Di tangan Anna, Met Gala menjadi perhelatan glamor bertaburan bintang ternama, tak hanya insan mode, tapi juga dunia film, musik, dan olahraga.

Baca Juga: Jared Leto Curi Perhatian Tampil Mirip Yesus di Met Gala 2018

Para selebriti pun berlomba-lomba memberikan penampilan terbaiknya dalam balutan gaun yang dirancang khusus oleh para desainer kenamaan. Tahun lalu, Beyonce sukses mencuri perhatian dengan gaun latex Givenchy Haute Couture karya Riccardo Tisci. Tak tanggung-tanggung, 2.000 butir mutiara menghiasi gaun tersebut.

Beyonce di MET Gala 2017.Beyonce di MET Gala 2017. Foto: Larry Busacca/Getty Images


Penampilan ikonis lainnya adalah gaun kuning Rihanna yang mengekor panjang nan dramatis. Gaun rancangan desainer China Guo Pei itu memakan waktu pembuatan hingga 50 ribu jam!

Setiap tahunnya, Met Gala hadir dengan tema yang berbeda-beda. Untuk Met Gala 2018 yang berlangsung pada Senin (7/5/2018) malam, tema yang dipilih adalah 'Heavenly Bodies: Fashion and the Catholic Imagination'.

Di bawah tema yang sama, pameran Met Gala akan menampilkan busana-busana sakral dari Vatikan milik para petinggi Katolik, seperti jubah berhiaskan bordiran emas milik Paus Benedict XV dan topi Paus Leo XIII. Koleksi tersebut nantinya akan bersandingan dengan busana-busana karya Coco Chanel, yang diketahui pernah dididik oleh suster, Balenciaga, hingga Donatella Versace selaku pihak sponsor.

Baca Juga: Madonna Pakai Mahkota Karya Desainer Indonesia di Met Gala 2018

Gaya Rihanna di MET Gala 2018.Gaya Rihanna di MET Gala 2018. Foto: Dok. Reuters, Getty Images


Meski sudah mendapat persetujuan dari Vatikan, pemilihan tema tersebut sempat mengundang kontroversi lantaran disebut-sebut mencampur adukkan urusan agama dengan fashion.

"Mungkin ada yang merasa fashion tidak pantas dikaitkan dengan sesuatu yang suci dan sakral, tapi pakaian justru menjadi elemen utama dalam sebuah agama. Pakaian menyimbolkan kesetiaan pada agama, sekaligus mempertegas perbedaan agama," ujar Andrew Bolton, kurator koleksi MET Gala, dikutip dari Vogue.

Hal lain yang sukses menyita perhatian adalah harga tiketnya. Tentu saja, ada harga yang harus dibayar bila Anda ingin ambil bagian di acara ini. Menurut Forbes, tamu harus merogoh kocek US$ 30 ribu atau sekitar Rp 420 juta untuk menebus satu tiket saja. Cukup fantastis mengingat dengan uang tersebut Anda sudah bisa membeli satu unit rumah di pinggiran Jakarta.

Itu juga belum menjamin Anda masuk dalam daftar tamu. Pasalnya, Anna Wintour akan menyeleksi lagi nama-nama tamu.


(dng/eny)