Setelah Emma Watson, Anne Hathaway Mulai Pakai Gaun Ramah Lingkungan

Daniel Ngantung - wolipop Rabu, 29 Mar 2017 14:56 WIB
Foto: Mike Coppola/Getty Images
New York City - Busana ramah lingkungan mulai mendapat perhatian lebih dari para selebriti dunia. Setelah Emma Watson, giliran Anne Hathaway yang mulai berkomitmen untuk mengenakan busana tersebut di karpet merah.

Komitmen tersebut ia buktikan di karpet merah premiere film 'Colossal' di AMC Lincoln Square Theater, New York City, AS, Selasa (28/3/2017) malam. Alih-alih memakai gaun teranyar, aktris pemenang Oscar itu tampil dalam balutan gaun hitam vintage Armani Prive.

Setelah Emma Watson, Anne Hathaway Mulai Pakai Gaun Ramah LingkunganFoto: Mike Coppola/Getty Images

Merupakan koleksi musim semi 2006 Armani, gaun tersebut hadir dengan dekorasi tulle lipit berbordir pada bagian strap. Anne menyempurnakan gayanya dengan clutch Jean Solid hitam seharga US$ 895 dari Edie Parker.

Setelah Emma Watson, Anne Hathaway Mulai Pakai Gaun Ramah LingkunganFoto: Mike Coppola/Getty Images


Penny Lovell, stylist Anne, mengumumkan di Instagram, kliennya akan mengenakan busana ramah lingkungan sepanjang tur promo 'Colossal'.

"Semua busana pilihan untuk tur ini ramah lingkungan, entah itu koleksi vintage atau dari arsip koleksi," tulis Penny sebagai keterangan foto yang menampilkan Anne dalam balutan busana tersebut.

Setelah Emma Watson, Anne Hathaway Mulai Pakai Gaun Ramah LingkunganFoto: Mike Coppola/Getty Images


Dan gaun Armani bukan gaun 'daur ulang' pertama yang membungkus tubuh Anne di tur 'Colossal'. Sebelumnya, ia pernah memakai mini dress hitam seharga US$ 20 atau sekitar Rp 260.000 yang dibelinya di pasar loak.

"$20 flea market dress. Let's do this @sheiscolossal press day," tulis Anne di video Instagram yang menampilkannya berputar dalam balutan little black dress tersebut dan sepatu Christian Louboutin.




Sebelumnya, Emma Watson juga mengandalkan busana ramah lingkungan sepanjang tur promo 'Beauty & the Beast'. Ia bahkan membuat akun Instagram baru yang didedikasikan khusus untuk memamerkan busana-busana tersebut.

Setelah Emma Watson, Anne Hathaway Mulai Pakai Gaun Ramah LingkunganFoto: Getty Images

Selebriti lain yang juga berkomitmen pada gaun ramah lingkungan, di antaranya Emma Roberts dan Olivia Culpo. Sama-sama menghadiri Oscar, Emma tampil dengan gaun Armani di Oscar dan Olivia Culpo dalam balutan Marchesa.

"Aku ada di sini untuk Red Carpet Green Dress, gerakan yang diprakarsai oleh Suzy Amis Cameron untuk mempromosikan gaya hidup yang berkelanjutan. So this is a sustainable dress. All for good cause," ujar keponakan aktris Julia Roberts itu di karpet merah Oscar Februari lalu.

Setelah Emma Watson, Anne Hathaway Mulai Pakai Gaun Ramah LingkunganFoto: Getty Images

Dikutip dari situsnya, Red Carpet Green Dress hadir untuk menekan dampak buruk industri fashion, sebagai penyumbang limbah terbesar, terhadap lingkungan.

Salah satu misinya, 'menantang' para selebriti untuk memakai gaun lama, alih-alih gaun baru. Gaun tersebut juga harus terbuat dari bahan-bahan daur ulang, organik, dengan pewarnaan alami agar efek sampingnya pada lingkungan dapat diminimalisir.

(dtg/dtg)