Cerita Hans Virgoro, Rancang Perhiasan Krisdayanti Senilai Hampir Rp 1 M

Anggi Mayasari Violita Utami - wolipop Selasa, 21 Mar 2017 13:32 WIB
Foto: Dok. Pribadi Hans Virgoro
Jakarta - Hans Virgoro dikenal sebagai desainer perhiasan yang menjadi langganan sejumlah selebriti Indonesia ternama. Salah satu karyanya, pernah dikenakan diva pop Krisdayanti saat konser eksklusif di Malaysia selama tiga hari, Februari 2017 lalu.

Kala itu KD, sapaan akrab Krisdayanti, memakai satu set perhiasan berupa cincin dan anting keluaran Hans Virgoro Jewellery. Ditemui Wolipop di Plaza Indonesia, Jakarta Pusat, Senin (20/3/2017), Hans mengatakan kalau proses pengerjaan perhiasan untuk konser KD terbilang cukup sulit.

Sang desainer mengungkapkan, perlu waktu hampir dua bulan untuk mengerjakan set perhiasan eksklusif tersebut. Hal itu karena ia harus menyesuaikan model perhiasan dengan busana yang dikenakan ibu empat anak itu. Untuk menentukan konsep perhiasan, Hans pun harus menyatukan ide dengan Ivan Gunawan, perancang busana yang dikenakan KD untuk konser.
Foto: Dok. Pribadi Hans Virgoro

"Aku kemarin dapat tantangan harus menyatukan dress yang dikenakan Mimi (Krisdayanti), dia juga nyanyinya tiga hari berturut-turut," ungkap Hans.

Pria kelahiran Samarinda, Kalimantan Timur ini mengaku untuk konser KD yang bertajuk 'Romansa', dirinya menciptakan sembilan anting dan sembilan cincin. Tantangan lainnya saat merancang perhiasan anting. Permintaan dari KD adalah ketika dikenakan, tak hanya bisa menunjang penampilan sang diva di panggung tapi antingnya juga harus nyaman, mewah, dan aman ketika dipakai.

"Dia bilang akan menyanyi dan ada lari-larinya juga. Pokoknya Krisdayanti maunya tetap mewah, tapi kalau lari tidak lepas, tidak sakit dan tidak berat. Jadi aku sempat bingung bagaimanas caranya," ujar Hans.
Foto: Dok. Pribadi Hans Virgoro

Hal itu juga berlaku pada desain sembilan cincin. Hans mengatakan bahwa ia harus berpikir keras untuk mendesain cincin agar tidak mengganggu gerak KD saat konser serta tidak merusak busananya yang banyak terbuat dari bahan lace dan dihiasi payet.

"Harus disesuaikan dengan tempo lagunya, dengan genre musik yang Krisdayanti nyanyikan. Dia tidak mau cincinnya itu nyangkut di baju. Buat desainnya tidak terlalu timbul atau tidak terlalu tenggelam diamond-nya untuk menghindari baju robek," kata hans

Untuk memenuhi pesanan kliennye itu, Hans menyiasatinya dengan memakai bahan yang lebih ringan dan memperkecil bentuk permata.
Foto: Dok. Pribadi Hans Virgoro

"Biasanya aku pakai jewellery diamond-nya besar-besar tapi ini aku pakainya yang kecil-kecil kemudian sisi dari bahan pembuatannya aku kecilkan jadi nggak terlalu berat. Biasanya supaya ring-nya bagus dan cutting-nya keluar, bahan baku dari cincinnya berat, tapi ini aku buatnya lebih ringan," papar Hans.

Hans mengungkapkan, sembilan cincin dan sembilan pasang anting itu bernilai cukup tinggi. Ia mengakuu biaya pembuatan perhiasan yang dipakai KD saat konser di Malaysia mencapai hampir Rp 1 miliar.

"Sekali konser Krisdayanti memakai tiga look, itu nilainya sampai ratusan juta. Karena per hari dia ingin ganti aksesori tiga kali," pungkas Hans. (hst/hst)