Foto: Kecantikan Model Imigran yang Jadi Viral di Show Anniesa Hasibuan

Hestianingsih - wolipop Rabu, 22 Feb 2017 12:49 WIB
Foto: Getty Images
Jakarta - Anniesa Hasibuan mengangkat tentang kesetaraan dan indahnya perbedaan dalam peragaan busana yang ditampilkannya di New York Fashion Week Fall/Winter 2017, Selasa (14/2/2017) lalu. Di tengah maraknya isu rasialisme pasca kebijakan kontroversial Presiden AS Donald Trump soal pembatasan imigran, desainer 30 tahun ini justru menggunakan model-model imigran untuk membawakan seluruh koleksi busananya.

Para model yang berasal dan keturunan dari berbagai negara ini pun viral dan menjadi pembahasan berbagai media internasional mulai dari Independent, Elle hingga Harper's Bazaar. Ini kecantikan para model imigran di show Anniesa Hasibuan yang jadi viral.

1. Casting yang Mendalam
Foto: Hestianingsih/Wolipop

Proses casting untuk konsep show bertema 'Drama' ini tak sekadar melihat proporsi tubuh, wajah dan cara berjalan saja. Setiap model yang datang untuk casting juga melalui tahap wawancara untuk mengetahui cerita dan latar belakang kehidupan mereka. Dari sekitar 100 model yang ikut casting, tersaring hanya 24 untuk membawakan 48 busana.

2. Perbedaan Itu Indah
Foto: Getty Images

Anniesa menyatakan tidak ada maksud tertentu dari pemilihan model imigran untuk show-nya, selain untuk menunjukkan bahwa perbedaan adalah sesuatu yang indah. Bukan ancaman yang dapat menimbulkan perpechan.

"Kita tidak boleh membatasi seseorang dalam berkarya. Mereka imigran, jangan sampai tidak mendapat kesempatan yang sama. Fashion itu universal dan terbuka untuk siapapun," tutur Anniesa kepada Wolipop.

3. Berbagai Ras
Foto: Hestianingsih/Wolipop

Model imigran yang tampil dalam show Anniesa Hasibuan di New York berasal dari ras yang berbeda-beda. Beberapa di antaranya merupakan keturunan Afrika, Uzbekistan, Peru, Korea-Rusia, Rusia, China, hingga Cekoslovakia.

4. Aktivis
Foto: Hestianingsih/Wolipop

Salah satu model bernama Tiana, mengaku senang bisa tampil di runway dengan memakai hijab. Tak sekadar tampil membawakan busana muslim, model berdarah Korea ini juga membawa misinya sebagai aktivitas perdamaian. Wanita 24 tahun ini mengungkapkan bahwa ia merupakan salah satu demonstran dalam aksi Women's March di New York, beberapa waktu lalu.

"Tidak ada orang yang benar-benar berasal dari New York. Kami datang dari mana-mana dan itu yang menjadikannya indah," tutur Tiana.

5. Model dan Pandangan Politik
Foto: Kecantikan Model Imigran yang Jadi Viral di Show Anniesa HasibuanFoto: Getty Images

Saat interview, para model ditanya pendapat mereka mengenai kondisi politik dunia saat ini. Salah satu model, Chantal Kammermann mengatakan bahwa agama seharusnya tidak menjadi alasan untuk seseorang berimigrasi.

Chantal yang sempat berada di camp pengungsian Suriah, mengatakan dalam rekaman video casting yang dilansir Elle, "Apakah salah melarikan diri dari negaramu sendiri hanya untuk memiliki kehidupan yang lebih baik? Mengharapkan masa depan lebih baik? Mendapatkan pendidikan yang layak?"

6. Makeup Natural
Foto: Hestianingsih/Wolipop

Wajah para model dipulas dengan riasan natural oleh tim Wardah Cosmetics untuk menonjolkan perbedaan wajah dan ras mereka. Sesuai tema koleksi, 'Drama', riasan dibuat dramatis di bagian mata dengan eyeshadow cokelat dan keemasan. Sementara bibir diberi warna nude seperti pink muda, beige, caramel atau cokelat.

7. Hijab Seragam
Foto: Getty Images

Anniesa juga menggunakan warna hijab yang seragam untuk para model. Hijab berwarna abu-abu metalik ini dinilai semakin menonjolkan wajah-wajah unik para model. Hijab juga sengaja ditata sederhana untuk menyeimbangkan rancangan busana Anniesa yang kaya detail dan kental nuansa glamor. (hst/hst)