Pencinta Sneakers Wajib Tahu, Dari Mana Sebutan 'Sneakers' Berasal

Hestianingsih - wolipop Selasa, 07 Feb 2017 08:25 WIB
Foto: Dok. Nike Foto: Dok. Nike

Jakarta - Sneakers menjadi salah satu jenis sepatu yang paling populer di kalangan anak muda saat ini. Hadir dalam berbagai model, dipadukan dengan busana apapun sneakers selalu berhasil menjadi statement gaya yang membuat penampilan lebih stylish. Entah itu dipadukan dengan setelan klasik t-shirt dan jeans, maupun sporty chic dengan padanan gaun casual.

Dalam perkembangannya hingga menjadi sangat terkenal khususnya di kalangan generasi Y dan Z, sneakers ternyata memiliki sejarah tersendiri yang cukup menarik untuk diketahui. Pencinta sneakers, wajib tahu tujuh fakta menarik dari 'sepatu sejuta umat' ini.

1. Sudah Ada Sejak 1800-an

Foto: Getty Images

Di akhir abad 18, sneakers lebih dikenal dengan sebutan plimsolls, yakni sepatu dengan sol terbuat dari karet. Awalnya sneakers diciptakan tanpa membedakan kaki kiri dan kanan sehingga kurang nyaman untuk dipakai.

2. Perkembangan Sneakers
Foto: ist

Sekitar tahun 1892, perusahaan karet asal Amerika Serikat mengembangkan sepatu bersol karet dengan kanvas sebagai penutup punggung kaki yang lebih nyaman digunakan.

3. Keds
Foto: Thinkstock

Keds bisa dibilang merupakan salah satu brand sneakers tertua di dunia, dan brand sepatu pertama yang memproduksi sneakers secara massal. Tepatnya pada 1917, sneakers mulai diproduksi untuk khalayak. Didirikan pada 1912, brand Keds kini sudah berusia 101 tahun.

4. Asal Kata Sneakers
Foto: Dok. Fenty x Rihanna

Sneakers berasal dari kata 'sneak' yang berarti mengendap-endap. Tidak seperti high heels atau boots, karena terbuat dari sol karet maka saat memakai sepatu ini, tidak akan terdengar langkah kaki ketika berjalan. Jadi karena sepatu ini tak menimbulkan suara, maka orang mengasosiasikan bahwa orang yang memakai sneakers bisa menyelinap, mengendap-endap atau mengikuti orang secara diam-diam.

5. Sneakers Mendunia
Foto: net

Sneakers diciptakan dan berawal dari Amerika, lalu pada 1924, sepatu ini mulai mendunia hinga dataran Eropa. Inilah cikal bakal salah satu brand sneakers ternama dunia, Adidas. Pada tahun tersebut, seorang pria asal Jerman bernama Adolf Dassler menciptakan sneakers yang ia beri nama terinspirasi dari namanya sendiri, Adidas. Brand ini kemudian sukses dan menjadi salah satu brand sepatu olahraga paling populer di dunia. Adidas juga menjadi perusahaan busana olahraga terbesar di Eropa dan terbesar kedua di dunia.

6. Awal Mula Jadi Fashion Statement
Foto: Dok. Puma

Sneakers mulai populer sebagai fashion item pada era 70-an dan menjadi bagian penting dalam budaya hip hop dan rock 'n roll. Beberapa musisi pernah menandatangani kontrak jutaan dollar dengan brand sneakers raksasa seperti Nike, Adidas dan Puma untuk mempromosikan sepatu mereka. Hingga sekarang sejumlah brand sneakers pun masih mengandalkan selebriti ternama sebagai bagian dari strategi pemasaran. Sebut saja Lil' Wayne, Kanye West sampai Rihanna.

7. Sneakerhead
Foto: Daniel Ngantung

Sneakerhead merupakan sebutan untuk para pencinta dan mereka yang hobi mengoleksi sneakers. Para sneakerhead ini umumnya memakai sneakers untuk kebutuhan fashion dan gaya busana mereka. Tak hanya mengoleksi dan memakai, sneakerhead juga kerap memperjualbelikan sepatu-sepatu edisi khusus atau terbatas kepada sesama pencinta sneakers, atau memodifikasinya sehingga mendapatkan nilai jual yang lebih tinggi. Istilah sneakerhear muncul pada awal 1980-an di Amerika Serikat dan biasanya terbagi menjadi dua kelompok; sneakerhead di kalangan pencinta olahraga basket dan di antara penggemar hip hop. Belakangan, sneakers juga populer di komunitas skateboarding. (hst/hst)