Kolaborasi dengan Gaudi, Koleksi Sapto Bisa Dibeli Mulai Harga Rp 200 Ribuan

Alissa Safiera - wolipop Rabu, 30 Nov 2016 18:30 WIB
Foto: Alissa Safiera/Wolipop
Jakarta -

Penikmat mode Tanah Air tentu tak asing lagi dengan nama desainer Sapto Djojokartiko. Desainer favorit selebriti yang kerap memasukkan unsur Indonesia ke dalam koleksi busana yang kaya akan bordir dan detail payet nan indah.

Kini untuk memiliki salah satu karyanya sudah bukan lagi mimpi yang menguras kocek dalam. Hari ini, Rabu (30/11/2016) Sapto mengumumkan koleksi terbaru yang ia rancang untuk retailer high-street Gaudi.

Mengikuti pasar Gaudi, maka koleksi kapsul ini pun berjiwa muda dan tentunya datang dengan harga terjangkau.

Ditujukan untuk kaum muda mulai dari usia 15 - 25 tahun koleksi ini tetap mendapat ciri khas Sapto dalam tiap piece-nya. Bordiran khas yang diperbesar dari motif Sumba misalnya, menjadi highlight untuk lini Sapto for Gaudi.

Kolaborasi dengan Gaudi, Koleksi Sapto Bisa Dibeli Mulai Harga Rp 200 RibuanFoto: Alissa Safiera/Wolipop
Kolaborasi dengan Gaudi, Koleksi Sapto Bisa Dibeli Mulai Harga Rp 200 RibuanFoto: Alissa Safiera/Wolipop

"Saya ingin memasukkan nafas Indonesia ke dalam baju. Mengeksplor Indonesia tapi tidak secara eksplisit. Hal yang sama saya tuangkan untuk Sapto for Gaudi," ungkap Sapto di Monty's, Senopati, Jakarta Selatan, Rabu (30/11/2016).

Nuansa Indonesia yang tersurat itu dihadirkan dalam permainan modifikasi motif Sumba yang dijadikan ornamen busana. Beberapa hadir mendominasi koleksi sweater, ada pula yang hanya dijadikan aksen di dada atau garis leher. Yang lainnya dibuat dengan mengadaptasi batik lurik. Namun oleh Sapto diganti menjadi motif pinstripe berwarna coklat dan hitam.

Sapto for Gaudi mengakomodasi market usia muda yang tak pernah dipegang Sapto sebelumnya. Ini pun menjadi tantangan tersendiri bagi desainer berbasis Jakarta ini, sehingga perlu melakukan riset market sebelum masuk dalam proses produksi. Totalnya, Sapto menyelesaikan koleksi kapsul sebanyak 87 desain ini dalam tiga bulan.

"Karena desainnya banyak, kita ada kendala dengan produksi jadi kita bagi ada dua batch. Batch pertama rilis hari ini, sekitar pertengahan Desember mungkin sudah keluar semua," lanjut sapto.

Kolaborasi dengan Gaudi, Koleksi Sapto Bisa Dibeli Mulai Harga Rp 200 RibuanFoto: Alissa Safiera/Wolipop

Lantas, apa yang membedakan koleksi Sapto for Gaudi dengan koleksi lini Todjo yang juga rancangan ready to wear Sapto sebelumnya?

"Todjo lebih dewasa dengan market 20 - 35 tahun. Sedangkan Gaudi benar-benar anak SMP bisa pakai, dari umur 12 - 25 tahun. Sangat challenging, saya bayangkan kalau anak-anak usia mereka pakai Sapto. Makanya saya ingin develop sesuatu yang nyaman dan efeknya organik," tambahnya.

Sapto memakai bahan yang nyaman seperti katun, linen dan juga warna-warna netral misalnya abu-abu, biru, coklat, juga sedikit sapuan pink. Koleksi ini pun sengaja dibuat ramah untuk para wanita berhijab setelah melihat tren remaja masa kini.

Bahkan, pria juga bisa memakai beberapa koleksi Sapto. Sweater dan T-shirt memang dibuat dengan desain yang unisex.

Koleksi Sapto for Gaudi dijual mulai harga Rp 238 ribuan untuk T-shirt dan atasan blouse. Sweater dan jaket dijual Rp 378 ribuan, sedangkan dress panjang dijual Rp 418 ribu.



(asf/asf)