ADVERTISEMENT

Tren Baju Olahraga Fashionable

Cerita Sukses Raisa Widjaja, Pendiri Brand Baju Olahraga Stylish Hay United

Intan Kemala Sari - wolipop Jumat, 12 Agu 2016 10:07 WIB
Foto: Dok. Bobobo & HAY United
Jakarta - Siapa sangka, berawal dari kegemaran berolahraga bisa menjadi sebuah bisnis yang menjanjikan. Hal itulah yang dilakukan oleh seorang wanita bernama Raisa Widjaja. Lewat kegemarannya itulah, ia mendirikan sebuah brand busana olahraga bernama HAY United. HAY sendiri merupakan singkatan dari Hot, Active, dan Young yang merepresentasikan para wanita aktif dengan selera fashion yang tinggi.

Brand lokal tersebut didirikan pada Mei 2013. Awalnya, wanita yang biasa disapa Raisa ini menyukai olahraga dan menari. Setiap kali latihan, ia tetap ingin menggunakan pakaian olahraga yang tetap fashionable.

"Sekarang aku mulai lihat di Indonesia dan dunia, banyak yang sudah menerapkan healthy lifestyle. Banyak yang tertarik melakukan olahraga mulai dari zumba, running, kraft maga, sampai pole dance dan mereka tetap ingin terlihat stylish juga. Jadi itu sebenarnya ide awalnya," ujar Raisa saat dihubungi Wolipop, Selasa (9/8/2016).

Wanita yang menjabat sebagai Creative Director ini menjelaskan, meski busana olahraga tersebut terlihat trendi, namun material yang dipakai memang material yang dikhususkan untuk berolahraga. Mulai dari spandex, lycra, hingga bahan-bahan yang mudah menyerap keringat. Produk yang ditawarkannya pun beragam, mulai dari sports bra, celana pendek, legging, tank top, hingga jaket dengan berbagai motif yang bisa dipakai untuk nge-gym, lari, yoga, dan berenang.

Meski merilis pakaian khusus olahraga, namun produk-produknya juga bisa digunakan untuk kegiatan lain di luar olahraga. Maka dari itu, ia lebih senang jika pakaian-pakaian yang dirilisnya disebut dengan activewear atau athleisure.

"Sebenarnya aku lebih suka kalau disebut activewear karena brand aku nggak hanya untuk olahraga saja. Produk kami itu versatile dan sekarang kan masih ngetren sporty style dan nggak akan out of style karena masih nyaman dipakainya. Jadi kami mau ciptakan baju yang fashionable dan functional, bisa dipakai untuk aktivitas outdoor, jalan-jalan bisa, travelling juga bisa," lanjut Raisa.

Harga jual yang ditawarkan pun cukup terjangkau. Mulai dari Rp 300 ribuan untuk sports bra hingga Rp 1 jutaan. Raisa mengatakan ia berusaha untuk selalu memperbaiki kualitas bahan yang digunakan agar para pembelinya tetap merasa nyaman saat berolahraga.

Ia tidak bekerja sendirian dalam mengelola HAY United, ada beberapa tim desainer yang mengurusi busana-busana tersebut. Bahkan baru-baru ini ia tengah berusaha untuk memperkenalkan kembali brandnya dengan bantuan seorang desainer dari New York, Amerika Serikat.

"Kalau dulu koleksi kami colourful, sekarang untuk koleksi terbari lebih gaya monokromatik dan ada nuansa New York vibe. Lebih simple, edgy, tapi tetap fashionable dan koleksi sekarang unisex. Karena memang dulu kami fokus pada pakaian wanita saja, tapi banyak juga pria yang minat dengan brand kami," katanya lagi.

Setelah tiga tahun berbisnis baju olahraga, kini produknya sudah mulai banyak ditemui. Selain memiliki webstore untuk menjual baju olahraga, produk-produknya kini bisa didapatkan di situs belanja e-commerce di Indonesia. Tak hanya itu saja, Raisa kini memiliki toko baju olahraga yang terletak di Bali. Bahkan ia juga memiliki toko di Singapura. (itn/itn)