Laporan dari Jepang

Rilis Koleksi Fall/Winter 2016, Uniqlo Unggulkan Celana Jogger

Rahmi Anjani - wolipop Kamis, 26 Mei 2016 08:36 WIB
Foto: Rahmi Anjani
Jakarta - Uniqlo kembali merilis koleksi untuk musim gugur dan dingin, Fall/Winter 2016. Bertempat di negara asalnya Jepang, retailer tersebut baru saja memamerkan rangkaian busana terbaru yang kali ini bertema A Day in Lifewear.

Belum resmi diluncurkan, Uniqlo mengajak Wolipop untuk mengintip sebagian koleksi teranyarnya dalam acara press preview yang digelar di Shibuya Belle Salle Garden, Tokyo, Rabu (25/6/2016). Mengusung konsep lifewear, Uniqlo masih menawarkan pakaian sehari-sehari yang fungsional dan bisa digunakan dalam jangka waktu lama.

Kali ini, Uniqlo kembali menawarkan empat kategori utama, yakni Essential yang merupakan busana kasual untuk hangout atau keseharian, Work untuk bekerja, Sport yang menyediakan busana berteknologi khusus untuk olahraga dan Home untuk bersantai di rumah.

Dari segi kategori dan inovasi, tidak banyak yang berbeda dari koleksi sebelumnya. Brand yang berdiri sejak 1944 tersebut masih mengutamakan busana khas musim dingin dengan desain minimalis namun tetap punya ciri khas. Coat, sweater hingga celana dengan bahan tebal serta bulu cukup mendominasi. Sementara pada kategori Sport, tersedia atasan dengan teknologi Airism dan Dry Ex yang menyerap dan cepat mengeringkan keringat.

Ada beberapa desain pakaian yang menjadi highlight baik untuk koleksi wanita dan pria yakni celana jogger. Meski sudah diperkenalkan pada musim panas sebelumnya, jogger akan dihadirkan dengan sentuhan baru pada koleksi Fall/Winter selanjutnya.

"Dalam hal desain, salah satu desain berbeda adalah jogger pants. Jujur, puncak dari tren tersebut adalah pada musim gugur dan dingin mendatang. Kami menghadirkan banyak desain, bahan yang berbeda, jadi ada banyak perubahan dari segi detail dan material. Untuk itu, ada beragam celana jogger yang bisa dipilih," ungkap Yuki Kaksuta selaku senior vice president of Global Research and Design Uniqlo saat diwawancara Wolipop.

Selain jogger, sepertinya rok berpotongan midi dan berlipit juga masih tren di musim dingin mendatang. Item itu tersedia dalam kategori Essential dan Work. Sedangkan untuk atasan, Yuki mengatakan knitwear menjadi salah satu produk andalannya.

"Untuk atasan, kami menyediakan knitwear. Variasi knitwear memang sengaja ditingkatkan terutama untuk koleksi wanita. Biasanya wanita sangat sibuk jadi mereka tidak ingin memikirkan apa yang ingin dikenakan tetapi mereka ingin tetap tampil cantik. Knitwear adalah pakaian yang sangat nyaman untuk itu. Aku harap orang bisa menggunakannya dalam berbagai kesempatan," tambah Yuki.

Sekitar 5.000 potong pakaian dihadirkan untuk koleksi Fall/Winter 2016 yang akan dirilis pada September mendatang. Sesuai dengan musim, kebanyakan busana tersebut ditawarkan berwarna cenderung gelap, misalnya hitam, cokelat, merah marun, hijau tua.

"Sand beige juga warna yang sangat penting di musim ini. Pink yang hadir di koleksi musim panas akan dilanjutkan tapi dengan lebih gelap," katanya lagi. (ami/hst)