Iklan Terbaru Calvin Klein Diprotes karena Pamerkan 'Isi' Rok Wanita

Arina Yulistara - wolipop Minggu, 15 Mei 2016 13:23 WIB
Foto: Instagram Calvin Klein
Jakarta - Calvin Klein memamerkan kampanye iklan terbarunya di Instagram untuk musim panas tahun ini. Salah satunya gambar seorang wanita mengenakan baju tidur dengan rok sepaha kemudian dipotret dari bawah sehingga memperlihatkan 'isi' roknya. Foto untuk iklan CK edisi Spring 2016 tersebut kemudian menjadi kontroversi.

Model dalam iklan terbaru brand kenamaan asal Amerika Serikat tersebut diperankan oleh aktris Denmark, Klara Kristin. Klara memakai baju tidur berbahan sutera dengan panjang rok hanya sebatas paha. Model 22 tahun itu berpose dengan kedua kaki melebar dan sang fotografer, Harley Weir, tepat berada di tengah kakinya sehingga gambar menyorot pada celana dalam bercorak yang dikenakan Clara.

Gambar tak hanya menyorot pada celana dalam tentu juga bagian paha hingga bokong bawah. Oleh sebab itum banyak pengguna media sosial yang menyebutkan bahwa iklan itu tampak 'menjijikkan' dan 'tidak perlu' mengambil gambar isi rok wanita.

Beberapa orang pun beranggapan bahwa iklan CK tidak lagi tentang pakaian dalam tapi seolah mempromosikan pelecehan pada wanita. "Ini bisa menjadi tren berkembangnya pelecehan seksual di mana gambar 'isi' rok wanita diambil tanpa sepengatahuan dan persetujuannya," ujar Haley Halverson, juru bicara dari The National Center on Sexual Exploitation kepada Daily News.

Para pengguna Instagram juga mengungkapkan bahwa iklan tersebut bisa memicu pedofilia karena penampilan Klara tampak lebih muda daripada usianya. Ia lebih seperti seorang remaja. Pemilik akun Hybridsymphony merupakan salah satu pengguna media sosial yang berkomentar tak suka soal foto tersebut.

"Aku tidak suka pengiklan melakukan hal ini. Seperti mengarahkan gadis-gadis remaja sebagai simbol seks dan mengiklankan 'barang' perempuan secara terang-terangan," tulisnya.

Sementara pemilik akun @anna_marie_94 menuliskan bahwa iklan dengan menunjukkan dalaman rok wanita benar-benar terlihat aneh dan tidak perlu dilakukan. Beberapa juga mengatakan hal itu masuk dalam kategori pornografi bukan lagi seni fashion.

Meski banyak protes yang datang dari berbagai pihak, sang model Klara tidak gentar. Ia mengatakan orang-orang yang berkomentar buruk hanya memiliki masalah pribadi terhadap kaum wanita. Ia menuturkan suka dengan hasil fotonya dan berpesan agar para wanita lebih mencintai dirinya sendiri.

"I LOVE this photo @harleyweir took of me. All this discussion about it makes me think about how alienated and scared some people are to the female human body. Be and love yourself and your sexuality," tulis model berambut pirang itu di Instagram.


(ays/ays)