Zara Rilis Ungendered, Lini Busana Berkonsep Unisex

Hestianingsih - wolipop Selasa, 08 Mar 2016 18:14 WIB
Foto: Zara Foto: Zara

Jakarta - Zara dikenal dengan koleksi busana wanita bergaya klasik, chic dan feminin. Kini retailer asal Spanyol itu nampaknya ingin menghadirkan sesuatu yang baru dengan melansir lini busana baru, Ungendered. Sebelumnya, Zara telah memiliki beberapa lini diantaranya Zara Woman, Zara Man, Zara TRF dan Zara Kids.

Ungendered terdiri dari koleksi busana yang diklaim bisa dikenakan oleh pria maupun wanita, atau lebih populer dengan istilah unisex. Ada 16 jenis pakaian mulai dari T-shirt, sweater, jogger, tank-top, bermuda hingga jeans.

Koleksi lini busana terbaru ini didominasi palet netral seperti abu-abu, putih, biru navy dan khaki. Hadir dalam ukuran small, medium dan large.

Ungendered termasuk ke dalam Zara TRF, yaitu lini Zara dengan harga yang lebih terjangkau. Saat ini koleksi sudah tersedia secara online dan di 29 gerainya di Inggris. Di situs Zara Indonesia sendiri, koleksi ini juga sudah bisa dibeli mulai dari harga Rp 200 ribuan.
 

Ditilik dari segi rancangan, Ungendered lebih menawarkan busana basic yang klasik. Tidak ada potongan maupun aksen yang membuat koleksi tersebut terlihat berbeda.

Baca Juga: 50 Inspirasi Busana untuk Kondangan

Kritikan pun datang dari sejumlah fashion blogger maupun netizen. Busana unisex Zara dinilai kurang variatif dan minim inovasi.

"Ini sebenarnya hanya t-shirt dan sweater saja," tulis t.Lowe, salah satu pengguna Twitter seperti dilansir Daily Mail.

Sementara itu pengguna Twitter lainnya mengatakan, "Semuanya pakaian maskulin yang sangat basic."

Zara bukanlah retailer pertama yang melansir koleksi busana unisex. Maret 2015, department store Selfridges juga mengadakan kampanye Agender yang tidak membatasi area fashion untuk pria maupun wanita.

Mulai dari busana, aksesori hingga produk kecantikan dijadikan satu. Konsep unisex tersebut hanya diterapkan di flagship store-nya di Oxford Street, London. Selfridges juga merilis lima koleksi unisex dan agender dari beberapa brand yang berada di bawah naungannya.

Konsep agender atau unisex pun sempat diangkat Louis Vuitton untuk kampanye Spring 2016 Womenswear. Louis Vuitton tak hanya menggunakan model wanita untuk mengiklankan koleksi busana tersebut. Diantara para model, tampil pula Jaden Smith, putra aktor Will Smith. Dalam iklan tersebut Jayden tampil androgini dengan jaket biker dan rok selutut. (hst/hst)