Show di Jakarta Fashion Week, Lekat Tawarkan Kain Baduy untuk Baju Liburan

Alissa Safiera - wolipop Sabtu, 03 Okt 2015 12:05 WIB
Foto: Mohammad Abduh/Wolipop Foto: Mohammad Abduh/Wolipop

Jakarta - Salah satu label yang menawarkan wastra nusantara sebagai ciri khasnya, Lekat akan mengisi rangkaian acara Jakarta Fashion Week 2016 di akhir Oktober 2015 mendatang. Namun sebelum itu, desainer di balik Lekat, Amanda I. Lestari memberi sedikit bocoran mengenai koleksi yang akan dibawa nantinya.

Di tahun ketiganya sebagai desainer, Amanda setia mengangkat keindahan kain tenun Baduy sebagai material utama Lekat. Namun kali ini, disajikan dengan cara yang lebih 'halus' dalam artian tak terlalu banyak mengaplikasikan motif tenun itu sendiri.

Kali ini Lekat mengangkat tema The Eye Has To Travel dalam trunk show berlokasi di Plataran Dharmawangsa, Jakarta Selatan, Jumat (2/10/2015). Sesuai konsepnya, koleksi kental nuansa liburan dan tampil playful dalam warna-warna cerah.

Baca juga: 50 Inspirasi Batik Modern

Beberapa padu padan yang ditawarkan sangat mungkin untuk dipakai langsung dari runway, sedangkan yang lainnya terkesan quirky dan eksentrik lewat perpaduan warnanya. Penggunaan kain tenun tampak minimalis untuk beberapa busana sehingga tampilannya dapat dikenakan di berbagai kesempatan.

Misalnya saja dress hitam dengan bagian rok bervolume, aksen kain tenun Baduy hanya ditempatkan pada bagian pinggang sebagai obi. Di tampilan lainnya, tenun dibuat menjadi coat panjang sebagai padanan dress A-line sepanjang mata kaki.

Sekitar 16 koleksi ditampilkan, dan hampir seluruhnya dihiasi detail ujung-ujung kain yang sengaja dibuat seperti rumbai. Sedangkan potongan dibuat loose dan minimalis, namun tetap menarik atensi dengan paduan-paduan motifnya.

"Inspirasinya kan sekarang tren dunia lagi balik lagi ke tahun '70-an, jadi aku juga membuat siluetnya seperti itu," ujar desainer yang masuk dalam daftar desainer Indonesia Fashion Forward ini saat berbincang dengan media di trunk shownya.

Amanda juga mengungkapkan jika koleksi ini berasal dari lini keduanya. Inilah alasan koleksinya tampil lebih kasual dan minimalis dibanding sebelum-sebelumnya. Namun untuk saat ini, Amanda mengatakan ia belum bisa menentukan nama untuk lini terbarunya itu. Untuk foto koleksi selengkapnya, Klik disini

(asf/hst)