Do's and Don'ts Berbusana untuk Hijabers Saat Liburan ke Pantai

- wolipop Selasa, 30 Des 2014 08:20 WIB
Dok. Instagram Dian Pelangi
Jakarta -

Jelang akhir tahun, banyak orang yang sudah merencanakan liburan ke luar kota bahkan luar negeri. Tidak sedikit dari mereka yang memilih destinasi pantai untuk berlibur bersama keluarga, teman atau pasangan. Namun beberapa wanita berjilbab masih sering bingung memadupadankan busana ketika pergi ke pantai.

Sebagian dari mereka umumnya masih mengenakan pakaian yang ketat sehingga menonjolkan lekuk tubuh terutama saat terkena air. Oleh karena itu, simak do's and don'ts berbusana untuk hijabers saat memilih liburan ke pantai.

1. Hindari Warna Gelap
Ketika berlibur ke pantai tentu Anda lebih senang bermain dari pagi hingga sore hari dan saat cuaca sedang cerah. Pakailah busana bernuansa pastel atau terang agar menyerap keringat. Desainer busana muslim Dian Pelangi menyarankan agar tidak memakai busana warna gelap karena selain tidak menyerap keringat juga bisa membuat kulit kusam.

"Kalau bisa hindari menggunakan warna gelap saat ke pantai, selain nggak menyerap sinar matahari takutnya langsung kena ke kulit nanti bisa kusam kulitnya," papar Dian saat dihubungi Wolipop beberapa waktu lalu.

2. Tidak Ketat
Desainer 23 tahun itu tetap menyarankan agar tidak menggunakan busana yang ketat. Hindari mengenakan legging atau kaos yang pas di tubuh karena saat terkena air akan terlihat ketat sehingga mengekspos bagian yang seharusnya ditutupi. Dian lebih mengajurkan hijabers memakai busana yang longgar atau berpotongan loose karena lebih nyaman saat bermain di pantai. Pilihan busana seperti terusan maksi lengan panjang dengan material katun cocok untuk diterapkan ke pantai.

3. Tetap Pakai Legging
Biarpun tidak ketat tapi tetap pakailah legging sebagai dalaman rok. "Kalau mau main-main di pantai bisa pakai legging lagi. Jadi nggak apa-apa saat main di air sedikit diangkat roknya nanti kalau leggingnya basah kan ketutupan rok. Kalau pakai celana nanti digulung-gulung betisnya kemana-mana," saran wanita berdarah Palembang itu.

4. Pakai Jilbab Instan
Dian lebih menyarankan untuk menggunakan turban atau jilbab instan. Menurutnya, jika mengaplikasikan turban memakai kerudung segiempat tidak akan nyaman ketika bermain olahraga air. Dian mengaku pernah kehilangan kerudungnya setelah bermain banana boat karena tertiup angin. Oleh karena itu ia lebih menyarankan memakai kerudung instan. Jika mengenakan turban instan tetaplah memakai ciput agar rambut tetap tertutup apabila kerudung tiba-tiba tersibak angin atau hilang.

(aln/hst)