Songket Sumatera

Museum Tekstil Jakarta Gelar Festival Songket Sumatera

- wolipop Kamis, 18 Des 2014 07:25 WIB
dok. Thinkstock
Jakarta -

Indonesia adalah negara dengan beragam budaya. Beragam adat istiadat yang dimiliki membuat Indonesia kaya akan warisan, tak terkecuali kain tradisional. ‎Setiap daerah umumnya memiliki kain khas tersendiri, contohnya songket yang berasal dari pulau Sumatera.

Songket merupakan wastra atau kain yang ditenun dengan benang emas atau perak sebagai material tambahan pada pakan utama. Tak hanya dikenakan sebagai pakaian, kain tersebut ‎juga menjadi bagian penting pada upacara adat kaum Melayu. Wastra ini mungkin belum sepopuler batik sebagai kain nasional namun keindahan songket tidak bisa diremehkan. Motifnya yang beragam dipengaruhi oleh kesultanan masing-masing daerah. Yang membuat songket juga spesial adalah makna di balik motif yang tak jarang terselip sebuah doa.

Meski sudah tidak banyak dikenakan di keseharian, songket tak jarang tampil di panggung peragaan mode. Dalam industri fashion, songket sudah sering dikemas ‎menjadi koleksi busana yang lebih modern. Yang paling terbaru datang dari desainer busana muslimah Dian Pelangi yang mengusung songket Palembang menjadi pakaian berkesan elegan. Wanita 23 tahun tersebut bahkan membawa koleksi itu ke DC Fashion Week 2014.

Di dunia hiburan, ajang Festival Film Indonesia 2014 yang berlangsung beberapa waktu lalu menjadi bukti bahwa songket pun digemari oleh para selebriti. Karena tak sedikit aktor dan aktris yang hadir mengenakan pakaian bermaterial songket, sebut saja Chicco Jerico, Revalina S. Temat‎, Widyawati, Marini, Jajang C. Noer, Reza Rahadian, serta Christine Hakim.

Demi mengapresiasi wastra songket, ‎Museum Tekstil Jakarta pun akan menyelenggarakan Festival Songket Sumatera, A Journey of Songket Sumatera. Acara yang diadakan pada 18-21 Desember 2014 ini diharapkan bisa menumbuhkan kecintaan masyarakat akan kebudayaan Melayu, tak terkecuali songket. Kain-kain yang dipamerkan di sini merupakan hasil pengembangan organisasi Cita Tenun Indonesia pimpinan Okke Hatta Rajasa.

Di museum yang bertempat di Jalan Aipda KS. Tubun No.2-4, Tanah Abang, Petamburan, Jakarta Pusat itu pun berbagai macam motif songket dari empat Kesultanan utama, seperti Langkat, Deli, Serdang, serta ‎Asahan akan ditampilkan. Tak hanya ada pameran, festival tersebut juga menjual berbagai produk kerajinan khas, termasuk songket itu sendiri. Demi memberi informasi dan memperkenalkan songket secara lebih detail akan dihadirkan pula diskusi Bincang Wastra pada Kamis (18/12/2014), Workshop Songket Sumatera pada Jumat (19/12/2014), dan kegiatan lainnya. Pameran dibuka untuk umum mulai pukul 09:00-15:00.

(kik/fer)