Setelah 25 Tahun Berkarya, Anne Avantie Akan Pensiun dari Industri Mode?

- wolipop Jumat, 30 Mei 2014 15:59 WIB
Dok. ImageDynamics
Jakarta - Desainer Anne Avantie memberi kontribusi yang cukup besar bagi perkembangan mode Indonesia. Tak hanya menjadi pioner yang menciptakan kebaya kontemporer, Anne juga dikenal sebagai sosok yang begitu peduli akan lingkungan sosial di sekitarnya.

Setelah memasuki perjalanan 25 tahun berkarya, tentunya banyak yang penasaran gebrakan baru apa lagi yang dibuat si desainer. Saat ditemui di pre-event "25 Tahun Berkarya Anne Avantie: Merenda Kasih" beberapa waktu lalu, desainer yang akrab dengan sapaan bunda itu melanturkan harapannya.

"Esok itu bukan milik saya. Kalau saya boleh memilih saya pilih pulang. Perjalanan 15 tahun Jakarta-Semarang tiap Sabtu-Minggu dengan kereta dan tanpa rumah. Inilah hidup saya dengan segala kesederhanannya, membuat saya ingin pulang ke rumah. Pulang ke rumah merajut mimpi bersama keluarga," tutur ibu tiga anak itu di Auditorium Galeri Indonesia Kaya, Grand Indonesia, Jakarta Pusat, Rabu (28/05/2014).

Sosok Anne yang sederhana, membuatnya tak berharap tinggi untuk bisa eksis sebagai desainer hingga 10, 20, atau bahkan untuk 50 tahun ke depan. Ia hanya ingin 'pulang' dan menikmati hidup bersama keluarga kecilnya di Semarang.

"Saya ingin turun dari industri fashion ini dengan hormat dan bukan diturunkan karena nama. Banyak desainer yang kehilangan waktu bersama keluarganya karena menjadikan prioritas karier menjadi segala-segalanya. Saya tidak ingin seperti itu," tambahnya lagi.

Desainer yang kini memiliki 12 anak brand itu berharap bisa turun dari industri mode dengan memberi kesan yang baik. Namun ia tak akan langsung menghilang dan meninggalkan bisnis yang dirintisnya selama 25 tahun ini begitu saja. Anne menuturkan, ia tetap akan membangun industri dari jarak jauh dan tetap menjadi inspirasi yang membangun bagi semua orang.

Lantas, kapan tepatnya si desainer akan mulai mundur dari industri yang membesarkan namanya tersebut? Anne tidak bicara banyak akan hal ini. Namun pastinya, ia berharap pagelaran mode tunggalnya sebagai perayaan 25 tahun berkarya bisa berjalan dengan lancar.

"Saya ingin ini menjadi pagelaran paling berkesan. Memberikan satu poin bagi kehidupan saya yang terbatas, di mana akhirnya tuhan menuntun saya bahwa inilah jalan saya. Saya ingin pagelaran ini menjadi pagelaran yang monumental. Dilakukan di gedung terbesar, dilakukan oleh orang-orang luar biasa. Dan akhirnya dilakukan dengan cinta untuk cinta," tambah Anne.

Pagelaran tunggal '25 Tahun Berkarya Anne Avantie: Merenda Kasih' ini akan berlangsung di Plenary Hall, JCC pada 3 September 2014. Anne juga akan menggandeng komposer ternama Indonesia, Erwin Gutawa untuk menata musik yang megah. Selain Erwin, sejumlah selebriti tanah air direncanakan akan ikut berjalan di catwalk sebagai model ataupun penyanyi, di antaranya adalah Bunga Citra Lestari, Titiek Puspa, Vina Panduwinata, Sundari Soekotjo, Soimah, Waldjinah dan masih banyak lagi.



(als/als)