Kolaborasi Cantik Anne Avantie dan Ramli di Panggung JFFF 2013

- wolipop Sabtu, 18 Mei 2013 08:55 WIB
Foto: M. Abduh/Wolipop
Jakarta - Desainer senior Ramli memang sudah berpulang pada sang pencipta di awal tahun lalu. Namun tak lantas, karya-karyanya pun ikut hilang. Rancangan Ramli yang cantik dan kaya detail tetap jadi inspirasi bagi desainer lain. Salah satu desainer yang mengagumi karyanya adalah Anne Avantie.

Di panggung mode JFFF (Jakarta Fashion & Food Festival), Jumat (17/05/2013) malam lalu, Anne Avantie pun mencoba 'membawa' Alm. Ramli untuk berkolaborasi dengannya dalam satu panggung.

"Saya memang tidak mengenal sosok pribadi Ramli begitu dalam. Namun bagi saya, dedikasi Ramli di dunia mode sangat memberi inspirasi. Saya pernah menyebutnya dalam buku saya, saya ingin sekali berkolaborasi dengan beliau dalam satu panggung, dan hal itu terpikirkan ketika pihak JFFF menawarkan saya untuk ikut meramaikan panggung," ungkap bunda Anne sebelum show dimulai di Hotel Hariss, Kelapa Gading, Jakarta Utara.

Dalam show bertajuk 'Ramli dalam Kenangan' itu, Anne menampilkan sekitar 40 koleksi. Terdiri dari 20 koleksi Ramli dan 20 lainnya koleksi Anne. Bukan hanya karya Ramli yang dibawa naik keatas panggung, Anne juga membawa para model asuhan Ramli dari periode 70 hingga 80-an. Diantaranya, Soraya Haque, Oki Asokawati, Wanda Hamidah dan masih banyak lagi.

Pertunjukan pun dibuka oleh lima kebaya Ramli bertema kebaya encim dengan sarung yang dihiasi renda yang cantik. Kebaya-kebaya sang maestro itu sempat menjadi tren tahun 70-an yang ditemukan Anne di lemari almarhum.

Bunda Anne, demikian ia biasa disapa, juga menampilkan hal baru yaitu kebaya berwarna hitam dan gold yang begitu mewah dan kaya detail. Sesuai ciri rancangannya, kebaya pun tampak mewah namun seksi dengan detail backless dan potongan yang terbuka di bagian dada.

Ia juga membuat kreasi baru dengan melukis di atas kain organdi. Kebaya-kebaya cantik itu dipadankan bersama kain batik dengan potongan tinggi sepaha di bagian depannya dan diberi tambahan lace dan payet di bagian bawah kain.

(als/eny)