Liputan Khusus Dunia Model

Kisah Keke Soeryo, Dari Tubuh Bungkuk Jadi Muse Desainer Ramli

- wolipop Senin, 29 Apr 2013 08:31 WIB
Foto: M. Abduh/ Wolipop
Jakarta - Keke Soeryo atau yang dulu dikenal dengan nama Keke Harun merupakan salah satu model Indonesia yang sukses. Betapa tidak, wanita dengan nama lengkap Sri Nurhandayani itu kini tidak hanya menjadi model saja, tapi juga main film dan mendirikan agensi model. Agensi dengan nama Look Inc. itu sudah 15 tahun berdiri sejak tahun 1997.

Di balik kesuksesan Keke, ternyata wanita yang menjadi pengajar di sekolah model miliknya itu mempunyai cerita yang cukup unik sebelum terjun ke dunia model. Keke mengaku awalnya ia dimasukkan ke sekolah model karena mempunyai tubuh bungkuk.

"Terus terang saja saya dulu pertama jadi model itu di Bandung, jadi ibu saya itu memasukkan saya ke sekolah modelling di Bandung karena waktu itu saya bungkuk," tutur Keke saat berbincang dengan wolipop di kantor Look Inc., Dharmawangsa Square, Jakarta Selatan, Kamis (18/4/2013).

Setelah masuk sekolah model selama dua bulan, Keke ditarik oleh tantenya yang berprofesi sebagai desainer. Semenjak itu, wanita 44 tahun ini sering mengikuti fashion show membawakan rancangan tantenya. Sampai akhirnya sekitar tahun 1988, ia pindah ke Jakarta untuk pemotretan di salah satu majalah wanita.

Majalah tersebut mengalirkan banyak pekerjaan untuk Keke. Ia merasa sangat beruntung hingga dilirik oleh almarhum desainer terkenal, Ramli. Bahkan pemain film 'True Heart' itu dipilih menjadi model favorit Ramli selama kurang lebih sepuluh tahun. Tidak cuma Ramli saja, ia juga pernah menjadi model desainer ternama Edward Hutabarat dan Iwan Tirta.

"Dari situ ngalir kerjaan tuh. Dari situ kerjaan banyak, fashion show, jadi sering ke luar negeri sama Ramli," cerita Keke ramah kepada wolipop.

Keke mengaku sangat bersyukur bisa menggeluti dunia model. Ia memang menyukai profesinya sebagai model sejak dahulu. Kini mantan istri dari Beno Harun itu masih sering main film layar lebar sambil menjalankan bisnis agensi model serta restoran yang diberi nama Soeryo Cafe itu.

(aln/hst)