Mahalnya! Tas Hermes Birkin Bekas Dijual Rp 517 Jutaan

- wolipop Rabu, 09 Mei 2012 11:04 WIB
ist.
Jakarta - Tas Birkin keluaran Hermes, merupakan salah satu tas yang paling diinginkan oleh banyak wanita. Jika tas Birkin baru dijual sekitar Rp 73,8 juta, kini tas Birkin bekas justru dijual dengan harga Rp 517 jutaan.

Tas Birkin 'secong hand' banyak dijual di beberapa situs belanja online seperti Ruelala, Gilt dan MyHabit. Seperti yang dikutip dari Daily Mail, harga tas Hermes Birkin yang selangit itu disebabkan oleh tingginya permintaan atas tas, namun barang yang tersedia sangat terbatas.

Juru bicara situs belanja Gilt mengklaim bahwa websitenya menjual tas Birkin dengan bahan kulit buaya seharga US$ 56.000 atau sekitar Rp 517 jutaan. Sedangkan, situs MyHabit menjual tas Birkin yang terbuat dari kulit burung unta dengan harga US$ 23.100 atau sekitar Rp 213 jutaan.

Tas Hermes ini awalnya dibuat khusus untuk aktris sekaligus penyanyi Jane Birkin. Alasannya? Karena Jean-Louis Dumas, pimpinan Hermes selama hampir 30 tahun terinspirasi oleh Jane setelah duduk bersebelahan dengannya saat berada di pesawat sekitar tahun 1984.

Menurut Tina Craig, pendiri situs BagSnob, menemukan tas Birkin baru di butik-butik Hermes, adalah hal yang hampir mustahil. "Dulu saya bisa mendapatkannya dalam waktu satu atau dua jam, tapi itu tidak terjadi lagi. Sangat sulit mendapatkan tas Birkin di butik belakangan ini," jelasnya.

Walau dijual dengan harga tinggi, pelanggan tas Hermes Birkin merasa bahwa nominal tersebut justu menjadikan tas Hermes Birkin begitu eksklusif. Menurut Tina Craig, tas bekas dengan kondisi bagus sebaiknya dijual dengan harga mulai dari US$ 7.800 hingga US$ 9.800.

"US$ 10.000 sudah termasuk pajak merupakan harga yang adil," tutupnya.

(eya/eya)