Anne Avantie Gelar Mini Show untuk Robby Tumewu

- wolipop Senin, 16 Mei 2011 09:16 WIB
Dok. Wolipop
Jakarta - Minggu (15/5/2011) malam, desainer Anne Avantie menampilkan 12 koleksinya yang menggabungkan kebaya dengan siluet pecinan. Hal itu sesuai dengan tema 'Inculturation' yang diusung Jakarta Fashion & Food Festival (JFFF).

Lewat peragaan busana dengan konsep mini show ini, Anne Avantie juga mendedikasikan karyanya untuk teman baiknya, Robby Tumewu. Peragaan busana bertajuk 'Putri Tiong Hoa Tribute to Robby Tumewu' yang digelar di Hotel Harris, Mal Kelapa Gading itu menjadi bentuk dukungan Anne untuk Robby yang tengah dalam proses penyembuhan.

"Awal ide munculnya 'Putri Tiong hoa' sendiri merupakan bentuk apresiasi terhadap kaum minoritas sehingga meminimalkan perbedaan latar belakang," tutur Anne Avantie mejelasakan alasannya mengangkat tema tersebut dalam peragaan busananya kali ini.

Anne Avantie telah berhasil menerjemahkan nuansa China dalam budaya kontemporer yang menyatu. Kebaya organdi dengan bordir sulam, kebaya Kartini kutu buru dengan bawahan kain China Shanghai dengan belahan paha tinggi dan aksen cheongsam terusan dengan kerah bordir berbahan batik menjadi inspirasi baru dalam karya ini. Untuk pemakaian bahan, Anne lebih banyak menggunakan sutra China yang telah bercampur dengan budaya Indonesia.

Peragaan busana ini pun bertabur artis, model dan sahabat Robby Tumewu. Di antaranya Okky Lukman, Tata Dado, Ade Juwita, Ira Wibowo, Ingrid Widjanarko, Indra Bekti, Debby Sahertian, Indi Barends, Lola Amaria, Ferry Salim dan masih banyak lagi.

Dalam peragaan busana itu, MURI (Museum Rekor Indonesia) memberikan dua buah penghargaan kepada Robby Tumewu karena telah aktif menjadi perancang busana dan aktor pertama. Anna juga Avantie meraih rekor MURI sebagai pelopor kebaya kontemporer di dunia.

(rsk/eny)