Hindari Keram & Nyeri dengan Sepatu Yang Tepat

- wolipop Sabtu, 23 Okt 2010 11:40 WIB
Jakarta - Masalah keram dan nyeri pada betis sering kali dialami wanita, khususnya mereka yang menggunakan sepatu high heels. Hal ini tentunya membuat wanita kurang nyaman. Tips berikut ini akan mengurangi rasa keram dan nyeri pada betis.

Sebaiknya tidak memakai sepatu berhak terlalu lama. Penggunaan sepatu berhak yang berlebihan akan mengakibatkan kram pada betis dan nyeri di bagian pinggang dan tulang belakang. Hal ini terjadi karena tumpuan bobot tubuh berpindah dari tulang pinggang ke ruas belakang.

Jika Anda harus memakai high heels, pilihlah ukuran hak yang tepat. Disarankan untuk tidak memakai lebih dari 5 cm. Selain hak yang tepat, kenyamanan juga harus diperhatikan, jangan menggunakan high heels bila haknya tidak berdiri dengan tegak atau bergoyang saat berjalan.

Pilihlah sepatu yang sedikit lebih besar daripada kaki Anda, sehingga kaki dapat bergerak dan bernafas, buatlah kaki senyaman mungkin dalam memakai sepatu. Sebaiknya membeli sepatu pada sore hari karena kaki akan membesar pada waktu tersebut.

(af1/af1)