BACK TO TOP

Kamis, 28/12/2017 18:01 WIB

7 Fakta Menarik Tentang Percintaan Sepanjang 2017

Anggi Mayasari - wolipop
Asmara percintaan yang terjadi antara pria dan wanita selalu jadi hal menarik untuk diketahui. Banyak fakta-fakta tentang percintaan yang menarik untuk dibahas. Sepanjang 2017 ada beberapa fakta dan penelitian terbaru yang mengungkap hubungan asmara antara pria dan wanita. Apa saja?

1. Pria Gampang Jatuh Cinta Dibanding Wanita
7 Fakta Menarik Tentang Percintaan Sepanjang 2017Foto: ilustrasi/thinkstock

Dalam penelitian di Amerika Serikat terungkap pria memang lebih cepat jatuh cinta dibanding wanita. Rata-rata pria tiga kali lebih cepat mengungkapkan 'i love you' dibanding wanita ke pria.

Alasan pria lebih mudah jatuh cinta karena faktor emosi mereka. Tanpa pikir panjang, jika mereka suka dengan wanita maka tak tahan jika tidak segera mengungkapkan cinta.

"Umumnya pria kurang emosional dan tidak mempertanyakan perasaannya lebih dalam seperti wanita," ujar psikolog di Florida Rachel Needle, Psy.D, seperti dikutip dari Bustle.

2. Masalah Seks Jadi Penyebab Utama Hadirnya Pelakor
7 Fakta Menarik Tentang Percintaan Sepanjang 2017Foto: Thinkstock

Fenomena pelakor (perebut laki orang) yang ditujukan untuk para wanita yang dianggap merebut suami wanita lain menginspirasi seorang dokter asal Purwakarta bernama Yudhistya untuk membuat tulisan mengenai perselingkuhan. kebanyakan perselingkuhan dan pelakor terjadi karena masalah seks yang kurang memuaskan dalam hubungan rumah tangga. Karena itu, banyak pria atau wanita mencari PIL dan WIL meski tidak juga meninggalkan keluarga masing-masing. Hal tersebut bukanlah opini dr Yudhistya semata namun berdasarkan penelitian.

"Kalau pendapat orang tentu berbeda-beda. Tetapi mayoritas demikian. Bahwa seks adalah hal penting. Hubungan seks menghasilkan hormon endorphin dan serotonin yang memberikan kebahagiaan," katanya.

3. Banyak Orang Terobsesi Hubungan Selena Gomez dan Justin Bieber
7 Fakta Menarik Tentang Percintaan Sepanjang 2017Foto: dok. Instagram (ihavefetishforselena)

Berita mengenai Justin Bieber dan Selena Gomez yang kembali menjalin hubungan asmara sukses membuat heboh para penggemar. Banyak orang menyetujui bahkan terobsesi dengan hubungan mereka. Hal itu pun bukan tanpa alasan, karena ada alasan psikologis yang melatarbelakangai para penggemar, terutama pendukung Jelena (sebutan untuk pasangan Justin-Selena) terobsesi akan hubungan mereka.

Pertama karena Justin dan Selena adalah contoh cerita cinta pertama yang sempurna. Selena dan Justin diketahui mulai berhubungan tujuh tahun lalu saat keduanya masih remaja. Fakta bahwa keduanya masih putus-sambung hingga sekarang membuat sejumlah orang, terutama orang muda merasa gemas.

"Otak kita berkembang pesat di usia 13 dan 25. Di usia tersebut, semua hal menjadi lebih dramatis, warna menjadi lebih terang, hatimu menjadi lebih rapuh. Otak tidak banyak meregulasi diri. Jadi ada lebih banyak drama, beberapa orang mengartikannya sebagai romantis," kata psikolog Dr. Melanie Greenberg kepada Marie Claire.

4. Lebih dari 33% Pasangan Menikah Bertemu di Kencan Online
7 Fakta Menarik Tentang Percintaan Sepanjang 2017Foto: Dok. Bumble

Cari pacar lewat kencan online masih jadi hal yang asing bahkan 'tabu' beberapa tahun lalu. Tapi kini kencan online justru menjadi pilihan sebagian besar orang di era milenium untuk urusan mencari pasangan.

Dikutip dari Technology Review, lebih dari 33 persen pasangan yang menikah bertemu dari kencan online. Bahkan sekarang ini, kencan online menempati urutan kedua sebagai cara paling umum yang dipakai orang untuk menemukan tambatan hatinya.

Kenalan lewat teman masih menjadi cara paling populer untuk mendapatkan pasangan, namun persentasenya terus menurun sejak 1990 dari 40 persen menjadi hanya 28 persen. Sementara popularitas kencan online makin melonjak sejak akhir '90-an hingga awal 2000-an.

5. 27 Persen Pria Selingkuh dengan Teman Sendiri
7 Fakta Menarik Tentang Percintaan Sepanjang 2017Foto: Thinkstock

Sebuah survei dibuat oleh situs kencan Ashley Madison dan Your Tango untuk mengetahui alasan orang berselingkuh, dan yang terpenting, bagaimana mereka memilih wanita untuk diselingkuhi. Untuk penelitian tersebut, peneliti pun mengambil 1.300 responden yang terdiri atas pria dan wanita berstatus telah menikah.

Hasil survei menunjukkan, ketika pria selingkuh, kebanyakan mereka memilih wanita yang juga Anda kenal. Dari 400 pria, 27 persennya mengatakan mereka selingkuh ketika pernikahan sedang tak bahagia. Mereka pun mencari seseorang yang dikenalnya untuk bercerita dan berakhir dengan perselingkuhan.Selain itu, 23 persen responden lainnya menemukan wanita selingkuhannya dari orang-orang yang tidak mereka kenal sama sekali. Misalnya saja kenalan baru di perjalanan bisnis atau orang yang ditemui di bar.

Yang perlu Anda curigai bukan hanya teman wanitanya yang masih single. Survei juga menunjukkan 39 persen wanita berani berselingkuh walau sudah punya pasangan juga, dan 34 persen lainnya memikirkan hal tersebut.

6. Fitur Wajah yang Cenderung Suka Selingkuh
7 Fakta Menarik Tentang Percintaan Sepanjang 2017Foto: Thinkstock

Menurut studi yang dipublikasi di Archives of Sexual Behaviour, pria dan wanita dengan wajah lebih pendek dan lebar cenderung punya dorongan seks tinggi. Dari sejumlah partisipan, ditemukan jika pria-pria berwajah paling lebar punya libido tinggi yang artinya mereka lebih termotivasi secara seksual.

Riset yang juga menganalisa mengenai kebiasaan percintaan para partisipan pun mengungkap jika mereka juga lebih mungkin selingkuh dari pasangan. Inti penelitian ini adalah pria berwajah lebar punya dorongan seks tinggi dan cenderung berani mendua.

7. Tren Gantung Cinta yang Lebih 'Sadis' dari PHP
7 Fakta Menarik Tentang Percintaan Sepanjang 2017Foto: Thinkstock

Ada istilah baru di dunia percintaan yang kini banyak terjadi pada kaum millennial, benching. Secara harfiah, benching berasal dari kata dasar 'bench' yang berarti bangku panjang di taman tempat biasanya orang menunggu atau bersantai. Bench juga bisa berarti bangku cadangan.

Seperti arti harfiahnya, pengertian benching lebih kurang seperti itu. Benching adalah situasi ketika dua individu dekat secara fisik dan emosional --tapi bukan kencan, intens berkirim pesan mesra, saling curhat, memberikan janji-janji manis tapi hubungan kalian tak juga berkembang. Dengan kata lain, hubungan seperti jalan di tempat sampai akhirnya salah satu dari mereka menghilang tanpa kabar.
(agm/agm)