BACK TO TOP

Rabu, 13/12/2017 19:10 WIB

Percaya Nggak Percaya, Ini 10 Alasan Izin Kerja Terlucu Sepanjang 2017

Rahmi Anjani - wolipop
Setiap pegawai pasti pernah izin untuk tidak masuk kerja. Biasanya para pegawai meminta izin dengan alasan sakit. Namun tahukah Anda jika 40% orang mengaku pernah bolos kerja dengan mengaku sakit? Bahkan 23% dari responden mengatakan tidak punya alasan tertentu untuk bolos, hanya sedang tak ingin datang ke kantor saja.

Hal tersebut terungkap dari penelitian yang dilakukan Career Builder pada 2.257 perekrut profesional dan 3.697 pekerja. Hasil riset juga mengungkap jika tak sedikit pegawai yang memberikan alasan aneh ketika ingin izin sakit. Namun tidak diketahui secara pasti apakah alasan-alasan adalah palsu atau memang terjadi.

Meski begitu, mengada-ada alasan untuk tidak masuk kerja sebenarnya bisa dimengerti. "Hidup itu sibuk dan kadang-kadang meliburkan diri diperlukan untuk bisa datang bekerja dengan mental dan fisik yang siap untuk menghasilkan dampak positif pada produktivitas," ungkap Rosemary Haefner selaku Chief Human Resources Officer Career Builder.

Meski begitu Rosemary tidak menyarankan para pekerja untuk tidak berbohong ketika ingin tak masuk kerja. Menurutnya, itu akan menimbulkan masalah kepercayaan antara Anda dan bos di masa depan. Apalagi 38% atasan kerap mencari tahu kebenaran pegawainya yang minta izin sakit. 43% pernah menemukan bukti bahwa pegawainya berbohong. Dan 26% dari mereka pernah memecat pekerja yang berbohong itu.

Para bos pun sering mendengar alasan aneh yang diberikan pegawai dengan alasan sakit. Berikut 10 di antaranya menurut survei tersebut:

1. Seorang pegawai mengatakan ada seekor beruang di halaman rumahnya. Ia pun takut untuk keluar rumah dan pergi kerja.
2. Pekerja mengaku tidak bisa masuk kantor karena memakan tusuk gigi yang masuk ke dalam makanannya di sebuah restoran.
3. Seperti menggemuk dalam sehari, seorang pegawai mengatakan seragamnya tidak muat lagi sehingga mengajukan izin.
4. Seorang pegawai mengaku pakaiannya tertinggal di tempat cuci baju. Ia pun minta izin tak datang ke kantor.
5. Bencana memang kadang datang dari hal tak terduga. Seorang pekerja mengatakan ponselnya meledak lalu melukai tangannya.
6. Tak jarang peliharaan menjadi alasan pekerja tak masuk kantor. Seseorang mengaku anjingnya menelan kunci mobilnya. Ia pun harus menunggu peliharaannya buang air agar bisa ambil kunci lalu pergi bekerja.
7. Tak sedikit pekerja yang membuat alasan sakit untuk bisa tidak bekerja. Tangan patah setelah adu panco dengan binaragawan wanita adalah alasan sakit yang lucu.
8. Bagi sebagian wanita, kecantikan adalah hal terpenting. Karena itu, seorang pegawai mengaku tidak bisa bekerja karena harus memperbaiki kuku palsunya yang rusak.
9. Seseorang minta izin tidak bekerja karena tidak ada bensin untuk pergi ke kantor. Apa alasan ini bisa diterima?
10 Pekerja menelepon bosnya lalu mengatakan tidak bisa masuk karena gerhana matahari. Menurutnya akan lebih aman untuk dia tidak meninggalkan rumah.
(ami/ami)