BACK TO TOP

Kamis, 15/12/2016 16:20 WIB

5 Jenis Diet yang Jadi Tren Sepanjang 2016

Daniel Ngantung - wolipop
Berbagai jenis diet bermunculan sepanjang 2016, mulai dari yang ringan hingga esktrem. Tujuannya pun beragam, dari memangkas berat badan atau hanya sekadar untuk menjaga kesehatan fisik.

Di penghujung tahun ini, Wolipop mengurasi lima jenis diet yang sempat menjadi tren sepanjang 2016. Apa saja?

1. Diet Probiotik

5 Jenis Diet yang Jadi Tren Sepanjang 2016Foto: iStock

Diungkapkan pakar gizi Keri Glassman, kesehatan usus menjadi perhatian utama dalam ranah perdietan tahun ini. "Kita akan melihat banyak diet yang difokuskan untuk menjaga kesehatan usus," kata Keri seperti dilansir dari CBS News. Salah satunya diet probiotik. Sesuai namanya, diet ini menekankan pada pengonsumsiam makanan yang mengandung bakteri baik (probiotik). Yogurt, sauerkraut (makanan hasil fermentasi dari Jerman), sup miso, kefir, tempe, susu probiotik, adalah beberapa di antaranya.

2. Dash Diet

5 Jenis Diet yang Jadi Tren Sepanjang 2016Foto: Getty Images

Diet ini bertujuan menurunkan tekanan darah tinggi. Ini mengapa disebut Dash yang merupakan singkatan dari Dietary Approaches to Stop Hypertension. Seperti diketahui tekanan darah tinggi adalah salah satu pemicu utama penyakit kardiovaskular, seperti jantung hingga stroke, yang diketahui juga sebagai penyabab utama kematian di dunia. Makanan wajib Dash Diet mencakup buah-buahan, sayur-mayur, gandum, produk susu rendah lemak. Sementara makanan berkalori tinggi, lemak, dan asin, perlu dihindari.

3. TLC Diet

5 Jenis Diet yang Jadi Tren Sepanjang 2016Foto: iStock

Tidak berhubungan dengan nama girlband R&B Amerika Serikat yang populer di era 90an, TLC adalah kependekan dari Therapeutic Lifestyle Changes Diet. Diet ini bermisi menurunkan kolestrol, sekitar 8-10% selama enam minggu. Makanan yang diharamkan di antaranya segala sesuatu yang mengandung lemak jenuh, seperti goreng-gorengan. Sebaliknya, pengonsumsian makanan berserat tinggi seperti gandum-ganduman harus ditingkatkan.

4. General Motors Diet

5 Jenis Diet yang Jadi Tren Sepanjang 2016Foto: iStock

Demi menjaga kesehatan tubuh dan berat badan ideal para karyawannya, General Motors sempat dikabarkan menciptakan diet yang dipercaya dapat menurunkan berat badan hanya dalam waktu tujuh hari. Selama itu, karyawan mengonsumsi menu sehat yang berbeda setiap harinya, dari buah hingga daging-dagingan. Lewat cuitan di Twitter, para karyawan membuktikan keberhasilan diet tersebut hingga akhirnya menjadi viral. Berat badan mereka turun 4-7 kg. Kendati begitu, banyak peneliti menilai ini bukan diet konvensional sehingga tidak cocok bagi semua orang.

5. Diet Paleo & Mediterania

5 Jenis Diet yang Jadi Tren Sepanjang 2016Foto: iStock

Meski sudah mengemukan sejak 2015, diet ini masih menjadi pilihan banyak orang sepanjang 2016. Diet paleo atau sering disebut sebagai 'Diet Manusia Purba' menganjurkan pengonsumsian protein hewani seperti daging merah, ayam, dan ikan. Gula, produk olahan susu serta, karbohidrat harus dihindari. Tujuanya menurunkan berat badan sekaligus menjaga kesehatan secara menyeluruh. Matthew McConaughey, Miley Cyrus, Jessica Biel dan Megan Fox adalah sejumlah seleb yang kepincut diet ini.

Sementara itu, diet Mediterania yang terinspirasi dari gaya hidup orang-orang di cekungan Mediterania seperti Italia, Yunani dan Spanyol itu fokus pada makanan alami tanpa nutrisi buatan. Para ahli gizi di Mayo Clinic menyebutkan, sebuah penelitian yang menganalisa sebanyak 1.5 juta yang melakukan diet mediterania memiliki potensi lebih rendah untuk terkena penyakit jantung dan kanker.
(dng/dng)