Intimate Interview

Cerita Amelia Tantono, YouTuber Indonesia yang Sering Ketemu Idol KPop

R Chairini Putong - wolipop Sabtu, 27 Feb 2021 17:39 WIB
Amelia Tantono bersama para member girlband KPop GFRIEND. Foto: Dok. Pribadi Amelia Tantono Amelia Tantono bersama para member girlband KPop GFRIEND. Foto: Dok. Pribadi Amelia Tantono

Wolipop: Selama menjadi konten kreator di YouTube, pengalaman apa yang paling berkesan bagi Amel?

Amelia Tantono: Bukan untuk konten YouTube-ku sendiri, tapi karena sudah lumayan dikenal sebagai konten kreator dipercaya sama Shopee untuk menjadi MC di acara akhir tahun yang mengundang idol KPop. Apalagi, itu ditayangkan di lima stasiun televisi nasional. Jadi, kayak, wow, aku debut di TV, hahaha.

Untuk konten YouTube sendiri, tahun 2018 aku juga pernah diundang sama beberapa konten kreator dari negara lain, berempat ke Busan Asia One Asia Festival di Busan. Kita sempat ke backstage wawancara idol KPop, di sana ada SEVENTEEN, GFRIEND, ACE, EXID, The Boyz. Jadi lumayan berkesan juga. Sebagai konten kreator, bisa dikasih kesempatan idol KPop dan wawancara di backstage.

Wolipop: Bagaimana rasanya dapat bekerja sama dengan idol KPop dalam satu project?

Amelia Tantono: Tentunya, merasa honored karena aku dipercaya sebagai orang Indonesia yang dapat mewawancarai mereka. Bisa ngobrol bareng. Di satu sisi, deg-degan dan ada rasa khawatir tentunya. 'Bisa nggak ya, nanti translate mereka dengan bagus dan benar. Terus maksud mereka nanti tersampaikan, tapi tentunya juga harus merangkum.' Karena, kadang-kadang mereka ngomongnya panjang banget, kita ada durasi jadi nggak bisa semuanya diterjemahin. Jadi harus dirangkum dulu intinya dan diterjemahin. Terjemahinnya pun nggak bisa asal terjemahin. Kadang-kadang ada kata yang harus difilter dan disesuaikan dengan ekspresi yang ada di Indonesia. Jadi itu juga salah satu yang cukup menantang.

Amelia Tantono, YouTuber Indonesia dengan channel AmelicanoAmelia Tantono bersama Stray Kids. Foto: Dok. Pribadi Amelia Tantono

Wolipop: Bisa kasih bocoran pengalaman kamu selama di backstage bersama idol KPop?

Amelia Tantono: Waktu sama GOT7, sebelum mulai (acara) salah satu member nanya, 'Oh, kamu orang Indonesia ya?' 'Iya, benar saya orang Indonesia' 'Oh, kamu bisa bahasa Korea' terus member yang lain 'Heh.. pasti bisalah orang dia yang jadi translator kita hari ini.' Terus dia baru, 'Oh iya, ya.' Hahaha.

Waktu Stray Kids, di sela syuting aku latihan baca skrip yang di layar sambil deg-degan. Terus, Bang Chan datang bawain air. Dia kayak, 'Nih, silahkan diminum' Terharu.. Padahal dia bintang di acara itu, tapi sempat care sama orang lain.

Amelia Tantono, YouTuber Indonesia dengan channel AmelicanoAmelia Tantono, YouTuber Indonesia dengan channel Amelicano Foto: Dok. Pribadi Amelia Tantono

Wolipop: Belum lama Amel menjadi bintang tamu Indonesia pertama di program TV South Korean Foreigners. Bagaimana awalnya menjadi perwakilan Indonesia?

Amelia Tantono: Aku ada beberapa kenalan yang kerja di KBRI. Terus tiba-tiba salah seorang kenalan WhatsApp aku. Kadang-kadang aku nonton juga acara itu, seru juga. Takut juga karena walaupun aku tinggal aku di Korea, nggak sedalam itu pengetahuan aku tentang Korea. Akhirnya memberanikan diri untuk ngambil dan KBRI mengajukan namaku. Mereka diskusi dengan MBC dan udah fix aku yang bakal tampil. Terus sempat sekali ke kantor MBC yang di Ilsan untuk briefing dengan produser dan writer-nya.

Format acaranya ada 10 orang asing yang tinggal di Korea, disusun dalam empat level. Ada bintang tamu orang Korea, satu per satu akan one-on-one dengan orang asingnya. Kalau orang Korea menjawab dengan benar, bisa lanjut ke sebelahnya dan dikasih pertanyaan lagi, naik terus. Kalau foreigners-nya menjawab benar, orang Korea nya gugur dan diganti dengan yang lain. Biasanya orang Korea yang diundang artis, penyanyi, dan komedian. Park Myeong Soo sebagai pengisi acara tetap, dapat menghidupkan orang Korea yang gugur. Kemarin aku duduk di tingkat keempat. Kebetulan kemarin aku kena jackpot sama Park Myeong Soo, jadi duduk sebelahan untuk jawab pertanyaan. Tapi aku gagal, jadi satu orang Korea yang dihidupkan lagi, Jinsoul APRIL.

Halaman
1 2 3 Tampilkan Semua


Simak Video "Tren Mukena Anak 2021"
[Gambas:Video 20detik]

(rcp/eny)