Intimate Interview

Cerita Amelia Tantono, YouTuber Indonesia yang Sering Ketemu Idol KPop

R Chairini Putong - wolipop Sabtu, 27 Feb 2021 17:39 WIB
Amelia Tantono bersama para member girlband KPop GFRIEND. Foto: Dok. Pribadi Amelia Tantono Amelia Tantono bersama para member girlband KPop GFRIEND. Foto: Dok. Pribadi Amelia Tantono

Wolipop berkesempatan mengobrol dengan Amelia Tantono untuk mengenalnya lebih dekat. Berikut wawancara khusus Wolipop dengan Amelia Tantono melalui telepon belum lama ini:

Wolipop: Bagaimana cara Amel beradaptasi tinggal di Korea karena budaya yang berbeda?

Amelia Tantono: Sebenarnya udah sempat lihat di drama-drama Korea. Tapi pas datang ada (momen) yang baru ngerasa 'Oh, beneran toh yang di drama, beneran kayak gitu.' Jadi banyak mengamati aja. Orang-orang itu biasanya kayak gimana dan berusaha menyesuaikan diri.

Wolipop: Apa yang membuat Amel kangen Indonesia dan tidak ada di Korea?

Amelia Tantono: Yang pasti makanan. Kadang-kadang suka ditanyain orang, 'Nggak kangen apa sama keluarga atau teman-teman di Indonesia?' Cuma zaman sekarang teknologi udah mulai canggih, bisa video call kapan aja. Tapi makanan Indonesia, kalau lagi kangen, nggak bisa ngapa-ngapain. Karena makanan Indonesia yang di Korea pun terbatas. Paling yang umum, adanya nasi goreng, bakso, ayam goreng. Kalau mau cari nasi padang atau makanan Manado, tiba-tiba kepingin, menderita banget mikirinnya, hahaha.

Wolipop: Kegiatan apa yang biasa dilakukan Amel di kampus bersama mahasiswa Indonesia lainnya?

Amelia Tantono: Kebetulan dari kampus Kyung Sung, ada program belajar bahasa dan kebudayaan Korea intensif selama enam bulan. Karena kita lulus SMA di Indonesia bulan Juni, sedangkan tahun ajaran baru di Korea mulai bulan Maret, kita sudah kenal selama enam bulan, pas ke Korea udah akrab. Sampai di Korea, seperti anak-anak pada umumnya yang baru datang ke Korea, norak gitu...Masih pingin cari-cari tempat jalan-jalan buat foto-foto. Tiap musim kan ada sesuatu yang baru yang bisa dilihat. Jadi paling sama kakak kelas, cari-cari tempat buat main dan foto-foto.

Amelia Tantono, YouTuber Indonesia dengan channel AmelicanoAmelia Tantono, YouTuber Indonesia dengan channel Amelicano Foto: Dok. Pribadi Amelia Tantono

Wolipop: Apakah Amel juga KPopers dan termasuk dalam fandom tertentu atau mengikuti drama Korea?

Amelia Tantono: Dulu aku lebih suka aktor Korea, karena lebih banyak nonton drama Korea. Rain kan memang sebenarnya penyanyi, tapi bukan termasuk grup idol. Kalau fandom, aku masuk fandom-nya Rain sampai sekarang, hahaha. Masih setia nih. Kalaupun waktu itu jadi fans idol KPop, gara-gara Rain sempat jadi mentor MBLAQ. Kita yang fansnya Rain jadi kepo, gimana idol KPop yang diguruin sendiri sama Rain.

Terus, lihat-lihat akhirnya jadi suka juga sama MBLAQ. Itu satu-satunya (momen) aku ikut fandom idol KPop. Cuma sekarang gara-gara Han Ji Pyeong di Start Up, akhirnya jadi bucin sama Kim Seon Ho. Paling yang benar-benar suka dua aja, Rain sama Kim Seon Ho.

Wolipop: Apakah Amel juga mengikuti fashion dan beauty dari Korea?

Amelia Tantono: Sebenarnya waktu kuliah aku benar-benar nggak peduli soal penampilan. Pakai baju cuma kaos sama jeans ke kelas. Terus nggak dandan, paling sekadar pakai sun cream. Kalau kerja, aku kayaknya nggak boleh terlalu polos, at least lebih rapi. Jadi mulai pakai skincare, mulai dandan.

Aku bukan tipe yang ngikutin fashion banget. Tapi berhubung tinggal di Korea, baju-baju yang dibeli jadi style Korea. Di antara style Korea aku tetap pilih yang cocok sama aku. Aku lebih suka baju yang one tone, dan nggak terlalu ramai motif. Kalau yang ramai motif, aku cuma suka tropical. Koleksi baju tropical aku banyak banget.

Wolipop: Bagaimana awalnya Amel bekerja di Korea?

Amelia Tantono: Aku setelah lulus pindah ke Seoul dan cari kerja. Kebetulan dapat di sebuah small medium enterprise yang ada koneksinya dengan perusahaan Indonesia. Aku kerja di sana sekitar dua setengah tahun dan perannya menjembatani kantor Korea dan kantor Indonesia.

Kebetulan, setelah dua setengah tahun merasa kurang berkembang. Akhirnya cari-cari kerjaan lain dan dapat di anak perusahaan keluarga Hyundai Group dan pindah ke sana. Tapi namanya perusahaan besar, tekanannya juga besar. Dan setelah mencoba bidang pekerjaannya ternyata kurang cocok sama aku. Akhirnya di sana cuma delapan bulan dan aku istirahat dulu.

Waktu istirahat, kebetulan ada kenalanku orang Korea yang juga bisa bahasa Indonesia. Dia bilang, 'Eh, ini ada produser dari SBS ngerjain project buat SBS Indonesia dan dia lagi cari orang Indonesia buat bantu di project-nya. Lo minat nggak?' Akhirnya masuk ke project-nya.

Sebenarnya kalau project-nya selesai, aku juga selesai. Karena ini outsourcing dari tim, bukan dari SBS. Ternyata setelah project-nya selesai, dari kantor pusat SBS butuh orang Indonesia. Jadi ditawarkan pindah ke sana, kebetulan aku lagi cari kerja juga. Akhirnya ngantor di kantor pusat SBS, di tim SBS Indonesia, translate dan dipercaya jadi MC KStar News. Keluar dari SBS, istirahat sebentar, dan masuk Nacific. Akhir tahun kemarin, bulan November berhenti dari Nacific dan istirahat bentar.

Sekarang baru persiapan untuk full time YouTuber. Lagi planning kira-kira bagusnya konten apa. Sebentar lagi mungkin akan eksekusi. Bisa jadi di tengah jalan merambah ke TikTok atau yang lain, cuma sekarang ke YouTube dulu.

Amelia Tantono, YouTuber Indonesia dengan channel AmelicanoAmelia Tantono dan Jang Hansol Foto: Dok. Pribadi Amelia Tantono

Wolipop: Bagaimana perasaannya bertemu representasi orang Indonesia di Korea seperti Kimbab Family, Hansol dan Sunny?

Amelia Tantono: Pastinya senang, ketemu orang baru dan nambah pengalaman baru. Apalagi Hansol dan Sunny adalah orang Korea yang bisa bahasa Indonesia. Kadang ada cerita-cerita menarik yang bisa dibahas. Kemarin sama Kimbab Family juga senang ketemu, anak-anaknya lucu dan semangat. Jio juga lucu banget.

Ketemu Dita Karang kemaren karena kerjaan Nacific. Jadi, jujur aja nggak sempat ngobrol banyak sama Dita, karena obrolannya cuma buat syuting kerjaan. Over all, senang, karena mengetahui di Korea orang Indonesia dan berkaitan sama Indonesia, nggak cuma aku. Senang bisa bertukar pikiran dan ngobrol.

Selain berkenalan dengan Hansol, Sunny Dahye dan Kimbab Family, Amelia Tantono juga mendapat banyak kesempatan berharga selama di Korea. Dia bertemu dengan banyak idol K-Pop dan menjadi bintang acara televisi Korea. KLIK HALAMAN SELANJUTNYA untuk mengetahui cerita Amel berikutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Tren Mukena Anak 2021"
[Gambas:Video 20detik]