ADVERTISEMENT

Kepergok Nonton Squid Game, Warga Korut Kerja Paksa Hingga Ditembak Mati

R Chairini Putong - wolipop Sabtu, 27 Nov 2021 09:00 WIB
Kisah Seragam dan Topeng Squid Game Squid Game. Foto: dok. Netflix
Jakarta -

Drama Korea Squid Game meraih popularitas di mancanegara setelah penayangannya. Namun, sejumlah siswa SMA asal Korea Utara dijatuhi hukuman setelah kepergok menonton drama Korea besutan Netflix itu.

Menurut Radio Free Asia (RFA), seorang pria lebih dulu dijatuhi hukuman mati setelah menyelundupkan dan menjual drama Korea Squid Game lewat flashdisk. Hal itu terjadi setelah pihak berwenang menangkap tujuh siswa SMA yang menonton drama Korea Squid Game dengan cara tak biasa itu.

Pria itu membawa salinan drama Korea Squid Game ke Korea Utara setelah kembali dari Cina. Ia kemudian menjual flash disk berisi drama Korea Squid Game di Korea Utara.

"Ini semua bermula minggu lalu saat seorang siswa SMA secara diam-diam membeli flashdisk yang berisi drama Korea Squid Game dan menontonnya dengan salah satu sahabatnya di kelas," ungkap salah seorang sumber, seperti dilansir dari RFA.

"Teman itu memberi tahu beberapa siswa lain, yang akhirnya tertarik, dan dia memberikan flashdisk itu pada mereka. Mereka ditangkap oleh pihak berwenang di 109 Sangmu, setelah mendapat laporan."

Squid GameSquid Game Foto: dok. Netflix

Dari ketujuh siswa SMA, ada satu orang yang membeli flash disk dan mendapat hukuman seumur hidup. Sementara enam siswa SMA lainnya yang hanya menonton drama Korea Squid Game dijatuhi hukuman kerja paksa selama lima tahun.

Para guru dan administrator SMA pun terkena imbasnya. Mereka dipecat dari sekolah lalu diasingkan ke pedesaan Korea Utara untuk bekerja di tambang batu bara.

"Pemerintah menanggapi kejadian ini dengan sangat serius, mengatakan bahwa pendidikan para siswa terabaikan. Komite Sentral memberhentikan kepala sekolah, sekretaris, dan wali kelas mereka," beber seorang sumber.

Squid Game memperlihatkan kisah orang-orang yang berutang dan diadu untuk memperebutkan hadiah uang tunai. Tak sedikit yang mengibaratkan Squid Game dengan kehidupan di bawah kediktatoran.

Pemerintah Korea Utara tak hanya melarang warganya menonton drama Korea Squid Game, tapi semua konten yang berasal dari mancanegara terutama Amerika Serikat dan Korea Selatan. Ada tingkat ekstrim berupa hukuman mati bagi warga yang menonton, menyimpan, dan menyebarkannya.



Simak Video "Sutradara Bicara soal Peluang Squid Game Season 2"
[Gambas:Video 20detik]
(rcp/rcp)