Kisah Remaja yang Terselematkan dari Penculikan Pedofil Berkat Video TikTok

Rahmi Anjani - wolipop Senin, 08 Nov 2021 18:00 WIB
Ilustrasi Video Sinyal Tangan yang Viral di TikTok Foto: TikTok
Jakarta -

Kebanyakan video di TikTok mungkin ditujukan sebagai hiburan. Tapi tak selamanya konten di media sosial berbasis video itu hanya dibuat untuk viral tanpa tujuan. Seorang remaja baru-baru ini terselematkan karena memperlihatkan gerakan tangan untuk meminta bantuan ketika diculik seorang pedofil. Ia pun mengetahui sinyal tersebut dari TikTok.

Seorang remaja asal North Carolina, Amerika Serikat hampir saja menjadi korban penculik pria bernama James Brick. Gadis tersebut dibawa dengan mobil oleh tersangka berusia 63 tahun itu. Untungnya, ia berhasil menunjukkan sinyal kekerasan dalam rumah tangga yang kemudian dilihat oleh pengemudi lain. Gerakan tangan tersebut dipelajarinya dari halaman FYP (For Your Page).

Dilansir Dailymail, gadis yang tidak diketahui namanya itu diculik dari rumahnya. Tersangka yang diduga pedofil kemudian membawanya ke Ohio, Tennessee, hingga Kentucky sebelum polisi menghentikan aksinya. Polisi diberitahu oleh seorang pengemudi bahwa remaja yang sudah dilaporkan hilang tersebut memberikan tanda dalam bahaya.

Dikatakan jika remaja itu mempelajarinya dari TikTok. Kamu yang sering membuka media sosial tersebut mungkin pernah melihat video seseorang berakting dramatis atau berandai-andai bahwa ia sedang mengalami kekerasan dalam rumah tangga. Wanita yang digambarkan dalam keadaan terpojok kemudian memberi sinyal berupa gerakan tangan spesifik untuk meminta bantuan orang ketiga.

Korban KDRT atau mereka yang sedang dalam bahaya dapat mengangkat dan menunjukkan telapak tangan mereka lalu lalu membengkokkan jempolnya. Sebelum menutup semua jarinya menjadi kepalan. Jempol yang ditekuk sendiri merupakan sinyal bahwa mereka sedang terjebak. Hal ini biasanya dilakukan diam-diam tanpa diketahui oleh pelaku yang umumnya ada di sekitar. Sinyal tangan yang dipelopori oleh Women's Funding Network itu memang cukup populer di media sosial.

"Aku mengetahui dari investigasi bahwa penumpang tersebut dilaporkan hilang oleh orang tuanya pada Selasa pagi dari Asheville, Carolina Utara. Pemeriksaan NCIC mengonfirmasi bahwa dia dilaporkan sebagai orang hilang," kata petugas kepolisian dalam postingan Facebook.

Remaja itu mengatakan pada polisi bahwa dia dan Brick pergi dari Ohio di mana keluarga Brick. Ia kemudian dibawa ke kota lain setelah menyadari bahwa wanita itu masih di bawah umur dan sudah dilaporkan menghilang dari polisi. Ketika kembali ke wilayah rumahnya, ia melakukan sinyal tangan KDRT yang ditangkap pengemudi lain saat kendaraannya berpapasan.

Kini James Brick telah ditangkap dan terdapat bukti bahwa ia melecehkan seorang gadis muda dalam ponselnya begitu juga konten pornografi anak. Hingga kini investigasi masih berjalan.

@nowthis

(ami/ami)