ADVERTISEMENT

Halloween Adalah Pesta Kostum Setiap 31 Oktober, Ini Asal-Muasalnya

Tim Wolipop - wolipop Minggu, 31 Okt 2021 15:05 WIB
Kostum Halloween para artis Halloween adalah pesta kostum, ini sejarahnya. Foto: dok. Instagram
Jakarta -

Setiap 31 Oktober sebagian masyarakat dunia ikut memeriahkan perayaan Halloween. Halloween adalah pesta kostum dengan asal-muasal atau sejarah yang seram.

Pada pesta Halloween biasanya orang-orang berdandan seram. Orang-orang di Indonesia yang ikut memeriahkan Halloween pun melakukannya. Keluarga selebriti seperti Ruben Onsu misalnya memakai aneka kostum seram untuk pemotretan khusus Halloween.

Dalam video YouTube yang diunggah ke channel mereka terlihat khusus untuk perayaan Halloween, Sarwendah cosplay menjadi Medusa, sedangan Ruben menjadi drakula. Sementara Betrand Peto yang cosplay sebagai Miguel dalam film Coco.

Ruben OnsuKeluarga Ruben Onsu dengan Kostum Halloween Foto: YouTube/The Onsu Family

Sejarah Halloween Adalah Berawal dari Perayaan Tahun Baru

Tak banyak orang tahu kalau Halloween adalah pesta tahun baru. Cerita berawal dari festival Celtic di Samhain dari 2.000 tahun lalu, yang saat ini disebut tanah Irlandia. Dulunya, masyarakat di sana merayakan tahun baru setiap malam 31 Oktober. Hari saat akhir musim panas, dan dimulainya musim dingin yang gelap. Masyarakat percaya, satu malam sebelum tahun baru di tanggal 1 November, batasan antara dunia orang hidup dan mati jadi samar.

Masyarakat pun percaya, roh-roh dunia lain akan kembali ke bumi dan menimbulkan kerusakan. Untuk memperingati hari itu, dulunya bangsa Celtic membuat api unggun besar dan membakar tanaman serta hewan sebagai persembahan. Selama perayaan itulah mereka mengenakan kostum biasanya terdiri atas kepala dan kulit binatang. Gunanya, untuk menghalau para hantu agar tak mengganggu mereka.

Halloween Awalnya Tak Dirayakan Semua Warga Amerika Serikat

Pesta Halloween saat ini sangat umum dirayakan oleh warga Amerika Serikat. Padahal berdasarkan sejarahnya, seperti dikutip dari History, Halloween awalnya dirayakan secara terbatas karena keyakinan Protestan yang ketat di kawasan New England. Halloween lebih umum di kawasan Maryland dan koloni bagian Selatan.

Seiring berdatangannya imigran dari Eropa, perayaan Halloween di Amerika bercampur dengan budaya Eropa. Halloween pun digelar sebagai pesta permainan untuk merayakan panen. Masyarakat merayakannya dengan berbagi kisah tentang kematian, keberuntungan, menari dan bernyanyi.

Pada abad 19 pertengahan saat imigran membanjiri Amerika Serikat, Halloween mulai banyak dirayakan di negeri Paman Sam, khususnya saat bangsa Irlandia menetap di sana. Halloween ala orang Irlandia pun mulai populer dan dirayakan secara nasional. Meski demikian hingga kini Halloween tidak termasuk hari libur nasional di Amerika Serikat.

NEW YORK, NEW YORK - OCTOBER 31: Heidi Klum arrives at Heidi Klum's 20th Annual Halloween Party presented by Amazon Prime Video and SVEDKA Vodka at Cathédrale New York on October 31, 2019 in New York City. (Photo by Noam Galai/Getty Images for Heidi Klum)Kostum Halloween Heidi Klum pada 2020 Foto: dok. Getty Images

Halloween dan Kostum Seram

Saat ini perayaan pesta Halloween identik dengan permainan kostum. Terlebih saat akhir tahun 1800-an, saat Amerika menjadikan Halloween sebagai hari raya. Dari sanalah hari Halloween diubah dari menyeramkan jadi menyenangkan dengan pesta kostum, hiasan labu, dan juga ungkapan 'Trick or Treat'.

Di sekitar abad ke-18 dan ke-19, kostum Halloween didasarkan atas referensi dari makhluk supranatural atau monster-monster di cerita rakyat. Baru pada tahun 1930-an, kostum mulai dikembangkan mengikuti karakter dari film atau tokoh populer dunia, hingga saat ini.

Pesta Halloween jadi malam yang menyenangkan untuk berpesta, baik bagi anak kecil ataupun orang dewasa. Selebriti dunia juga sangat menantikan hari Halloween yang jatuh tiap tanggal 31 Oktober itu. Top model dunia Heidi Klum misalnya setiap tahunnya selalu hadir dengan kostum Halloween yang seram dan spektakuler. Pada Halloween 2020, Heidi menjelma menjadi alien dengan usus dan otak jadi-jadian.

Christina Aguilera juga tampil habis-habisan untuk Halloween 2020. Seperti Heidi, Christina juga memakai kostum yang mirip alien hingga dirinya hampir sulit dikenali. Sedangkan KKylie Jenner dan teman-temannya bernostalgia dengan acara tv favorit anak-anak generasi 90-an: Mighty Morphin Power Rangers. Ibu satu anak ini berubah menjadi Ranger Merah, tentunya dengan gayanya yang seksi.


Jadi di masa sekarang ini pesta halloween adalah perayaan dengan berbagai kostum dan makeup yang menyeramkan atau menyenangkan. Bagaimana kostum Halloween para selebriti dunia di 2021 ini? Nantikan di berita selanjutnya.



Simak Video "Kostum 'Squid Game' Masuk Daftar Terlarang di SD New York"
[Gambas:Video 20detik]
(eny/eny)