Kali Kedua Ratu Kecantikan Malaysia Dikritik karena Batik, Ini Rekam Jejaknya

Tim Wolipop - wolipop Kamis, 21 Okt 2021 12:45 WIB
Miss World Malaysia 2021 Lavanya Sivaji. Foto: Dok. Instagram Miss World Malaysia 2021 Lavanya Sivaji. Foto: Dok. Instagram
Jakarta -

Miss World Malaysia 2021 Lavanya Sivaji dikritik netizen Indonesia karena mengklaim batik dari Malaysia. Sebelum Lavanya, ratu kecantikan Malaysia ini juga mengalami nasib serupa.

Lavanya Sivaji diserbu kritikan netizen Indonesia setelah mengunggah foto penampilannya memakai gaun malam yang akan dipakainya di malam final Miss World 2021 yang digelar di Puerto Rico pada Desember 2021. Dalam unggahannya Lavanya menyebutkan gaun yang dipakainya merupakan batik Malaysia.

"Kain batik melambangkan keragaman di antara orang Malaysia, dengan berbagai warna, cetakan & desainnya. Oleh karena itu, saya mempersembahkan kepada Anda gaun malam saya untuk Miss World Malaysia 2021 yang terbuat dari kain batik Malaysia," tulis Miss World Malaysia 2021 yang terpilih pada Oktober 2021 itu di akun Instagramnya @lavanyasivaji.

Tidak lama setelah membuat unggahan tersebut Lavanya menuliskan permintaan maaf. Dia meminta maaf pada pageant lovers atau pecinta kontes kecantikan dari Indonesia jika pernyataannya itu menyinggung mereka.

"Kepada pageants lovers khususnya di Indonesia yang aku sayangi. Aku harap kalian semua dalam kondisi sehat. Pertama-tama aku ingin meminta maaf jika telah menyinggung siapapun untuk postingan ini. Aku sadar kata Batik berasal dari Jawa begitu juga dengan desain dan sejarahnya," demikian Lavanya Sivaji menulis di unggahan terbarunya.

Namun dalam unggahan terbarunya itu Lavanya Sivaji tak sekadar meminta maaf. Dia juga menjelaskan bahwa batik bukan hanya dikenal dari Indonesia. Menurutnya ada beberapa negara lain yang juga memiliki batik seperti Malaysia, Sri Lanka dan India. Semua negara tersebut dikatakannya memiliki desain dan motif batik sendiri.

"Apakah itu batik dari Malaysia, Indonesia atau negara lainnya, aku akan selalu bangga memakai batik. Aku ingin berterimakasih pada masing-masing dari kalian karena telah mengingatkanku untuk menghargai asal usul budaya dan tradisi kita. Kapanpun aku mengenakan batik, aku bisa merasakan kekuatan dari seorang wanita sejati. Kita punya kekuatan super. Kita seorang penyembuh. Kita seorang ibu," demikian wanita yang dikenal sebagai dokter itu menulis dalam unggahannya.

Meski telah meminta maaf, Lavanya Sivaji tetap diserbu kritik dari netizen Indonesia. Sebab Miss World Malaysia 2021 itu dianggap tidak memahami bahwa batik merupakan budaya Indonesia yang telah diakui oleh UNESCO.

"Batik Indonesia telah resmi diakui UNESCO dan masuk ke dalam Daftar Representatid sebagai Budaya Tak-benda Warisan Manusia (Representative List of the Intangible Cultural Heritage of Humanity) dalam Sidang ke-4 Komite Antar Pemerintah (Fourth Session of The Intergovernmental Committee) tentang Warisan Budaya Tak-Benda yang dilaksanakan di Abu Dhabi. Salam dari Indonesia," tulis netizen dari Indonesia.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Permintaan Maaf Miss World Malaysia soal Batik"
[Gambas:Video 20detik]