Minta Maaf, Miss World Malaysia Tetap Sebut Malaysia Juga Punya Batik

Eny Kartikawati - wolipop Kamis, 21 Okt 2021 09:00 WIB
Miss World Malaysia 2021 Lavanya Sivaji. Foto: Dok. Instagram Miss World Malaysia 2021 Lavanya Sivaji. Foto: Dok. Instagram

Miss World Malaysia 2021Lavanya Sivaji Tetap Dikritik

Meski telah meminta maaf, Lavanya Sivaji tetap diserbu kritik dari netizen Indonesia. Sebab Lavanya dianggap tidak memahami bahwa batik merupakan budaya Indonesia yang telah diakui oleh UNESCO.

Sekadar informasi, Hari Batik Nasional dirayakan setiap 2 Oktober karena pada tanggal tersebut batik diakui sebagai Karya Agung Budaya Lisan dan Tak Benda Warisan Manusia di UNESCO. Penetepan tersebut terjadi pada sidang keempat Komite Antar-Pemerintah tentang Warisan Budaya Tak-benda yang diselenggarakan UNESCO di Abu Dhabi pada 2 Oktober 2009.

Netizen Indonesia pun ramai-ramai menyampaikan informasi soal penetapan UNESCO terhadap batik Indonesia ini kepada Lavanya Sivaji. Mereka tetap mengkritik Lavanya. Hingga kini unggahan permintaan maaf Miss World Malaysia 2021 itu telah diserbu lebih dari 2.800 komentar.

Lavanya Sivaji Miss World Malaysia 2021Lavanya Sivaji Miss World Malaysia 2021 Foto: Dok. Instagram

"Batik Indonesia telah resmi diakui UNESCO dan masuk ke dalam Daftar Representatid sebagai Budaya Tak-benda Warisan Manusia (Representative List of the Intangible Cultural Heritage of Humanity) dalam Sidang ke-4 Komite Antar Pemerintah (Fourth Session of The Intergovernmental Committee) tentang Warisan Budaya Tak-Benda yang dilaksanakan di Abu Dhabi. Salam dari Indonesia," tulis netizen dari Indonesia.

"Batik adalah kain Indonesia bergambar yang pembuatannya secara khusus dengan menuliskan atau menerakan malam pada kain itu, sebagai keseluruhan teknik, teknologi, serta pengembangan motif dan budaya yang terkait, oleh UNESCO telah ditetapkan sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi (Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity) sejak 2 Oktober 2009," tulis netizen Indonesia lagi.

"Jadi ini batik motif Pucuk Rebung ada di rumpun Melayu. Indonesiapun memilikinya mulai di daerah Aceh, Riau, Palembang, Bangka Belitung. Malaysia pun ada batik dgn corak yg berbeda. Meski asal muasal batik memang dari Nusantara alias jaman kerajaan terdahulu. Batik Malaysia kbnykan bermotif Bunga dan Dedaunan. Kalau Pucuk Rebung ini memang khas Melayu. Indonesia ada malaysia pun ada. Jadi tak elok sbnarnya malaysia klaim batik ini dari negaranya, karena Indonesia pun punya yang lebih kental dan jelas asal usul sejarahnya," tulis netizen lagi.

Lavanya Sivaji yang kontroversial karena mengklaim batik dari Malaysia terpilih sebagai Miss World Malaysia 2021 pada 18 Oktober 2021. Lavanya merupakan lulusan kedokteran dari Universiti Pertahanan Nasional Malaysia, Kuala Lumpur. Dia menjalani training kedokterannya di Rumah Sakit Tentera Tuanku Mizan Zainal Abidin.

Halaman
1 2 Tampilkan Semua


Simak Video "Permintaan Maaf Miss World Malaysia soal Batik"
[Gambas:Video 20detik]

(eny/eny)