Kronologi Nur Sajat, Transgender Umrah Pakai Mukena Berakhir Ditangkap

Tim Wolipop - wolipop Selasa, 21 Sep 2021 06:45 WIB
Nur Sajat Nur Sajat ditangkap karena umrah pakai baju wanita. Foto: Instagram/@nursajat23
Jakarta -

Nur Sajat yang dikenal sebagai selebgram dan pengusaha Malaysia ditangkap pihak berwajib. Dia melarikan diri ke Thailand usai didakwa atas kasus pelanggaran UU Syariat.

Berikut kronologi dan fakta-fakta skandal Nur Sajat, transgender kontroversial dari Negeri Jiran:

1. Nur Sajat pertamakali menjadi atensi atas kasus umrah pakai baju wanita pada Februari 2020. Kontroversi itu terjadi setelah dia membagikan momen umurahnya di media sosial baru-baru ini. Posting-an tersebut memperlihatkan Nur memakai mukena saat umrah di Mekkah.

Nur Sajat UmrahNur Sajat saat Umrah Foto: Instagram

2. Nur yang bernama asli Muhammad Sajad Kamaruzaman berdasarkan dokumen Albayt Travel (M) Sdn Bhd, Nur Sajat mendaftar umrah sebagai seorang pria. Namun ketika tiba di Tanah Suci, ia mengklaim dirinya sebagai seorang khunsa atau hermafrodit (berkelamin dua jenis) kepada Mutawiff.

3. Setelah unggahannya memakai mukena di depan Kabah jadi kontroversi, Nur Sajat dilaporkan pihak berwenang karena melanggar UUS Syariat. Malaysia ingin mengadili Nur Sajat karena dituduh telah melanggar UU Syariat lantaran mengenakan pakaian perempuan di depan Ka'bah.

Nur SajatNur Sajat saat umrah Foto: Instagram

4. Nur Sajat bukan hanya terlibat kasus pelanggaran UU Syariat. Dia juga pernah ditangkap karena brand kosmetiknya bermasalah soal izin. Pihak Kementerian Kesehatan menyita sedikitnya 19 jenis produk kecantikan senilai Rp 34,6 juta. Dia didakwa melanggar undang-undang terkait regulasi obat dan kosmetik, dan terancam hukuman tiga tahun penjara.

5. Masalah yang melibatkan nama Nur Sajat tidak sampai di situ. Pada 2019, Nur Sajat juga tertangkap pernah melabrak sales produk kecantikan di sebuah mal. Ia disebut menampar seorang SPG berkali-kali karena asistennya telah direndahkan.

Nur SajatNur Sajat Foto: Instagram/@nursajat23

6. Terbelit berbagai masalah hukum dan diadili atas kasus pelanggaran UU Syariat, Nur Sajat kabur ke Thailand. Transgender itu diketahui sudah lama tinggal di Bangkok. Menurut laporan Harian Metro, Nur Sajat melakukan pelanggaran imigrasi.

7. Departemen Imigrasi Thailand mengungkapkan telah mengetahui keberadaan pengusaha kosmetik itu sejak Maret 2021 sebelum akhirnya berhasil mengamankannya pada 8 September 2021 di sebuah kondominium mewah di Bangkok. Saat ini, otoritas Malaysia meminta Thailand untuk segera mengekstradisi Nur Sajat meski prosesnya tak mudah.



Simak Video "Kisah Transgender Amar, Bersikap Setelah Bertemu Tokoh Agama"
[Gambas:Video 20detik]
(eny/eny)