Transgender Kontroversial Ditangkap, Pernah Umrah Pakai Baju Wanita

Tim Wolipop - wolipop Senin, 20 Sep 2021 19:01 WIB
Nur Sajat (Foto: Instagram) Nur Sajat (Foto: Instagram)
Bangkok -

Nur Sajat, seorang transgender asal Malaysia, harus berurusan dengan otoritas Thailand. Nur Sajat yang terlahir sebagai pria dan pernah membuat heboh karena memakai busana perempuan saat umrah ditangkap karena masalah keimigrasian.

Penangkapan dilakukan oleh pihak imigrasi Thailand. Menurut laporan Harian Metro, Nur Sajat melakukan pelanggaran imigrasi pada 9 September 2021.

Nur Sajat UmrahNur Sajat (Foto: Instagram)

Departemen Imigrasi Thailand mengungkapkan telah mengetahui keberadaan pengusaha kosmetik itu sejak Maret sebelum akhirnya berhasil mengamankannya pada 8 September di sebuah kondominium mewah di Bangkok.

"Pada 4 Juni, Imigrasi Thailand telah mengintai keberadaan Nur Sajat di salah satu apartemen mewahnya di Bangkok. Setelah melakukan telik sandi dan pengintaian, penggerebekan dilakukan di tempat persembunyiannya," demikian pernyataan seorang sumber seperti dikutip Harian Metro.

Sumber tersebut juga menambahkan bahwa Nur Sajat mengakui dirinya memang sedang melarikan diri dari Malaysia.

nur sajatNur Sajat (Foto: Instagram)

Malaysia ingin mengadili Nur Sajat karena dituduh telah melanggar UU Syariat lantaran mengenakan pakaian perempuan di depan Ka'bah yang dilakukan pada 2018 lalu. Lelaki transgender itu pun sudah lama tinggal di Bangkok.

Sehari setelah penangkapannya, Nur Sajat dibebaskan setelah salah seorang rekannya yang diketahui bernama Misha membayar tebusan sebesar US$ 2.000 atau setara Rp 28 juta.

Selanjutnya
Halaman
1 2