Kisah Keluarga yang Terselamatkan dari Hoax Setelah Hobi Nonton Drama Korea

Rahmi Anjani - wolipop Minggu, 19 Sep 2021 18:00 WIB
crash landing on you adegan romantis Foto: Dok. tvN
Jakarta -

Banyak orang menjadikan drama Korea sebagai hobi untuk melepas penat dari berbagai masalah di keseharian. Bukan hanya disukai anak-anak muda, cukup banyak 'ibu-ibu' bahkan pria muda yang menggemari drakor. Tak disangka hobi yang memang bisa menyita waktu dan perhatian ini bisa menyelamatkan sebuah keluarga dari teori konspirasi.

Hal tersebut diceritakan oleh seorang pengguna Redit bernama Rosie. Wanita dengan username pitbulldofunk tersebut mengungkap kisah unik tentang ibunya yang sedang hobi nonton drama Korea. Dikatakan jika kesenangan baru itu telah menyelamat ia dan anggota keluarga lain dari bahaya 'hoax'.

"Ini terdengar lucu tapi drama Korea benar-benar menyelamatkan keluargaku,"

"Aku orang Brazil. Aku tidak tahu apa kalian mengikuti situasi di negaraku tapi presiden kami yang sekarang adalah seorang fasis yang setiap hari mengancam kudeta.

Dia tidak mengacuhkan dan meremehkan pandemi sampai di titik ada setengah juta orang meninggal, dia baru mengajak untuk pakai masker dan social distancing, dia menaruh rasa takut pada masyarakat mengenai vaksin (berkata orang akan jadi aligator)," tulisnya di Reddit.

Kondisi tersebut diperparah dengan ibunya yang sering termakan berita-berita bohong. Dikatakan sang ibu percaya dengan hoax dan teori konspirasi yang beredar. Meski sudah pernah terpapar COVID-19, ia tetap mempercayai isu-isu tak benar mengenai penyakit menginfeksi itu.

"Ibuku adalah seorang penganut Kristen taat, dia dibombardir dengan berita bohong setiap hari dan dia hanya tahu orang salah paham dengan presiden. Dia menderita COVID tahun lalu dan hampir meninggal tapi bahkan tidak tidak menggoyahkan keyakinannya,"

Namun untungnya suatu hari ibu Rosie bertemu dengan drama Korea dan jadi hobi menontonnya setiap hari. Ketika itu, akhirnya ibu Rosie berhasil mengalihkan obsesinya dari berita-berita hoax setelah menyaksikan 'Crash Landing On You'.

"Sejak saat itu dia terobsesi dengan drama Korea, dia menonton sepanjang hari, tahu semua aktornya dan lupa tentang presiden dan teori konspirasi,"

"Kemarin dia berkata padaku dia berhenti mengikuti semua tentang politik dan dia hanya ingin tahu tentang drama dan KPop. Aku akhirnya bisa punya percakapan dengan ibuku tanpa bertengkar tentang teori tidak masuk akal dan sekarang kita punya selera yang sama," tulisnya.

Rosie berharap ceritanya bisa menjadi semangat dan harapan bagi sesama warga Brazil. Berkat drama Korea dan KPop, Rosie dan keluarga pun terselamatkan dari bahaya dan pertengkaran karena hoax.

(ami/ami)