Nonton Crash Landing On You, 8 Pemuda Korea Utara Dipenjara Seumur Hidup

R Chairini Putong - wolipop Senin, 06 Sep 2021 11:30 WIB
hyun bin di drama korea crash landing on you Son Ye Jin dan Hyun Bin dalam drama Korea Crash Landing On You. Foto: Dok. tvN
Jakarta -

Delapan pemuda Korea Utara dipenjara seumur hidup karena menonton drama dan film Korea Selatan. Mereka telah menonton film The Spy Gone North dan drama Korea Crash Landing On You berulang kali.

Film The Spy Gone North mengikuti kisah mata-mata Korea Selatan yang menyusup ke Korea Utara pada 1990-an. Sementara drama Korea Crash Landing On You mengisahkan wanita Korea Selatan yang terjebak di Korea Utara karena kecelakaan paralayang.

Para pemuda asal Kabupaten Musan, Provinsi Hamgyong Utara itu menirukan karakter dalam film dan drama yang mereka tonton. Tak hanya itu, mereka juga memberi tahu penduduk Korea Utara lain perihal The Spy Gone North dan Crash Landing On You.

Hal itu diungkap salah seorang sumber dari Provinsi Hamgyong Utara kepada Daily NK pada Senin (30/8/2021). Delapan orang itu ditangkap Kementerian Keamanan Negara dan diadili secara terbuka setelah dilaporkan penduduk setempat.

Menurutnya, Korea Utara telah memberlakukan undang-undang untuk memberantas "pemikiran dan budaya reaksioner" pada Desember 2020. Pihak berwenang mendorong masyarakat untuk melaporkan satu sama lain apabila menemukan pelanggaran.

crash landing on youHyun Bin dan Son Ye Jin dalam drama Korea Crash Landing On You. Foto: Dok. TvN

Salah seorang pihak berwenang pun melaporkan para pemuda kepada Kementerian Keamanan Negara. Setelah ditangkap, mereka diadili di halaman SMA Kabupaten Musan pada Sabtu (21/8/2021).

"Di persidangan, mereka menempatkan delapan pemuda dari Musan di depan mereka dan menyebut mereka sebagai 'geng' yang meniru karakter dalam video Korea Selatan dan menyampaikan atau menyebarkan konten video tersebut ke penduduk setempat," ungkap sang sumber, seperti dilansir dari Daily NK.

Setelah menonton film The Spy Gone North dan drama Korea Crash Landing On You, para pemuda juga mencari tahu film dan drama lain yang dibintangi pemainnya. Hal itu membuat 'kejahatan' mereka semakin besar.

crash landing on youHyun Bin dan Son Ye Jin dalam drama Korea Crash Landing On You. Foto: Dok. TvN

Namun, pihak berwenang Korea Utara tidak mengungkap isi film The Spy Gone North dan drama Korea Crash Landing On You yang ditonton para pemuda. Mereka menyebut konten Korea Selatan berisi kebohongan dan dapat mengancam Korea Utara.

"Dalam menyebutkan kejahatan mereka, tidak disebutkan sama sekali isi video yang mereka tonton. (Petugas pengadilan) mengatakan bahwa video Korea Selatan itu berisi kebohongan, manipulasi, dan pemalsuan yang tidak benar dan membahayakan martabat Republik dan mengancam posisi ideologis kami," sambung sang sumber.

Ini bukan kali pertama pemuda Korea Utara kedapatan menonton konten Korea Selatan. Karena kejadian yang sering terjadi, partai dan lembaga-lembaga hukum Korea Utara menganggap hal ini sebagai suatu ejekan dan penghinaan.

"Mereka dengan tegas menyatakan para pemuda itu siap untuk hukuman penjara seumur hidup," ungkap sang sumber.

Selama persidangan, pihak berwenang memperingatkan penduduk Korea Utara bahwa, "tidak ada yang luput dari perhatian penduduk setempat, dan para pelanggar pada akhirnya akan ditangkap," seperti kedelapan pemuda.

Penduduk Kabupaten Musan kini lebih berhati-hati untuk mengontrol perilaku anggota keluarganya. Menurut sang sumber, para penduduk pun mengeluhkan begitu banyak pemuda yang ditangkap karena masalah serupa.

"Setiap orang harus menghindari saling menyerahkan (kepada pihak berwenang) bahkan jika mereka telah menonton (film dan drama Korea Selatan)," pungkasnya.



Simak Video "AHY Disandingkan dengan Hyun Bin, Annisa Pohan Pilih Mana?"
[Gambas:Video 20detik]
(rcp/rcp)