Viral Tren Ikoy-ikoyan Bagi-bagi Uang Hingga HP ala Arief Muhammad, Apa Itu?

Gresnia Arela Febriani - wolipop Minggu, 01 Agu 2021 16:00 WIB
Tren di Instagram ikoy-ikoy ala Arief Muhammad. Apa itu tren ikoy-ikoyan yang viral karena Arief Muhammad. Foto: Dok. Instagram @ariefmuhammad..
Jakarta -

Youtuber Arief Muhammad menjadi sorotan publik di media sosial setelah melalui akun Instagram miliknya @ariefmuhammad, ia membuat tren ikoy-ikoyan. Apa itu ikoy-ikoyan?

Ikoy-ikoyan adalah membagi-bagikan uang lewat dirrect message kepada pengikut atau follower di Instagram. Arief Muhammad yang awalnya melakukan aksi berbagi kepada pengikut itu melalui Instagram.

Asal muasal kata Ikoy sendiri adalah dari nama staf atau karyawan Arief Muhammad yang bernama Rizqi Fadillah. Dalam kesehariannya, Rizqi dipanggil Ikoy. Melalui Ikoy lah Arief awalnya memberikan hadiah berupa uang, makanan, vitamin hingga ponsel kepada pengikut di Instagram.

Untuk mendapatkan uang hingga ponsel tersebut, Arief mengajak agar para pengikutnya aktifnya wajib mengikuti akun Instagram usaha yang ia rintis. YouTuber dengan subscriber lebih dari 2,7 juta itu memiliki usaha kuliner, fashion hingga kos-kosan.

Tren di Instagram ikoy-ikoy ala Arief Muhammad.Tren di Instagram ikoy-ikoy ala Arief Muhammad. Foto: Dok. Instagram @ariefmuhammad..

"Dibilangin nggak mau kirim makanan kok maksa. Admin Nadya @basoaciakang, dia kirimin Rp 1 juta rupiah juga," begitu Arief Muhammad memulai tren ikoy-ikoyan yang diunggah ke Instagram Story.

Tren Ikoy-ikoyan, Berbagi Kepada Pengikut Instagram ala Arief Muhammad Viral

Banyak netizen yang penasaran apa itu tren ikoy-ikoyan, membuat aksi berbagi itu semakin viral. Tren tersebut pun menyebar ke selebriti Instagram (selebgram) lainnya. Dari Tasya Farasya, Jejow, Dwihanda hingga Fadil Jaidi kini melakukan tren ikoy-ikoyan atau berbagai kepada pengikut Instagram mereka.

Awalnya para selebgram ini juga tak mengetahui apa itu tren ikoy-ikoy ala Arief Muhammad. Namun setelah mengetahuinya, melalui akun Instagram Story @tasyafarasya, beauty influencer Tasya Farasya pun mengikuti jejak suami Tiara Pangestika itu.

Tasya membagi-bagikan uang, kopi jualannya, rangkaian makeup dan skincare kepada pengikutnya. Ada juga YouTuber Fadil Jaidi yang memilih mengikuti tren ikoy-ikoyan dengan menitipkan 'hadiah' melalui Arief Muhammad.

"Gue nitip ikoy-ikoyan dong," begitu Fadil Jaidi menulis pesan teks kepada Arief Muhammad.

Melihat tren ikoy-ikoy meluas ke selebgram lainnya, Arief pun mengaku senang bisa memberikan dampak positif. "Hahaha, sampai ke Tasya! Ikoy-ikoyan mulai mewabah di Indonesia. Senang sekali bisa menyebarkan kegiatan random bermanfaat seperti ini," ucapnya.

Tren di Instagram ikoy-ikoy ala Arief Muhammad.Tren di Instagram ikoy-ikoy ala Arief Muhammad. Foto: Dok. Instagram @ariefmuhammad.
(gaf/eny)