Seleb TikTok Ini Viral Dihujat, Kasih Uang ke Orang yang Tiru Gaya Monyet

Gresnia Arela Febriani - wolipop Jumat, 30 Jul 2021 07:30 WIB
Viral konten selebriti TikTok tuai kritik di media sosial. Foto: Dok. pribadi Benjamin Jusuf E. M. A.
Jakarta -

Selebriti TikTok Iben M.A sedang menjadi sorotan. Pasalnya ia mengunggah video tantangan bagi orang yang bisa menirukan gaya monyet akan mendapatkan uang tunai darinya.

Dalam video yang diunggahnya terlihat, Iben memasang tulisan tantangan dan uang tunai yang akan diberikan di kertas yang ditempelkan di kausnya. Dengan memakai kaus tersebut, dia lalu keluar dari mobilnya dan berdiri di pinggir jalan.

"Orang pertama yang bisa peragain monyet selama 10 detik dapat Rp 300 ribu," ujar @iben_ma dalam videonya.

Video kemudian memperlihatkan, ada seorang pria yang menghampiri Iben. Dan pria tersebut bersedia melakukan tantangan yang diberikan oleh Iben. Pria tersebut bertanya," peragain monyet langsung?"

Pria yang memakai jaket hitam itu langsung memperagakan dan bersuara menirukan monyet. Iben pun menghitung mundur dan langsung memberikan uang Rp 300 ribu kepada pria tersebut.

Setelah mendapatkan uang, Iben menawarkan lagi untuk menirukan hewan lainnya. Dan memberikan uang tambahan Rp 100 ribu.

"Lu mau ronde tambahan gak?" ucap Iben.

"Boleh om," balasnya.

"Kalau lu bisa peragain satu binatang lagi, lu dapat seratus ribu," ujar Iben.

"Kambing," jawab pria tersebut. Ia pun langsung membungkuk sambil menirukan gaya kambing yang sedang mengembik.

Usai pria tersebut melakukan tantangan, Iben pun memberikan uang Rp 100 ribu. Dan dia meminta pada pria tersebut melihat ke arah kamera.

@iben_ma

Lah kok jadi gini... 🥺

♬ Face Dance - Funny Tok

Hingga Rabu (28/7/2021) video viral tersebut sudah ditonton lebih dari 2,7 juta Views, mendapat 303 ribu Likes dan 6.358 komentar. Warganet ada yang memberikan kritik, hujatan dan saran terhadap konten Iben.

"Kita terhibur, bapaknya dapat uang, iben dapet content. Jadi ambil sisi positifnya aja lah," ujar akun@bad coopy.

"Langsung berbagi aja napa sih..susah amat kayaknya ngasih orang 300 ribu..ntah lu mau bilang challenge atau ga..secara ga langsung sudah ngerendahin," kritik akun @Baskoro Pandu.

"Menurut gua si mending cari challenge yang lain bang jangan bawa-bawa binatang, kasian kalau ada orang tua yang ngelakuin challenge ini demi uang," saran akun @yaudahiya.

"Berbagi lah dengan tidak mempermalukan orang, ada hadisnya tapi gw lupa intinya begitu," saut akun @ZX69.

"Andai itu bokap gue, gue bakal nangis dan marah sama lo walaupun bokap gue pulang bawa duit," timpal akun @IYEIYE.

Viral konten selebriti TikTok tuai kritik di media sosial.Viral konten selebriti TikTok tuai kritik di media sosial. Foto: Dok. pribadi Benjamin Jusuf E. M. A.

Konfirmasi Wolipop

Wolipop sudah menghubungi Benjamin Jusuf E. M. A. yang menunggah konten tersebut di akun TikToknya. Ia menjelaskan video yang ia buat adalah tentang challange atau tantangan.

"Konten challange, aku berdiri di jalanan memakai tulisan untuk orang melakukan sesuatu. Dan kalau mereka melakukan akan mendapatkan hadiah. Dalam challange ini aku suruh orang peragain monyet 10 detik dan yang menang dapat Rp 300 ribu," ungkap Iben melalui pesan suara, Rabu (28/7/2021).

Pria yang berusia 22 tahun itu mengatakan jika ia pernah membuat video tantangan dan mendapatkan hadiah. Ketika kontennya menuai kritik, ia pun memberikan penjelasannya.

"Nah yang terjadi banyak pro dan kontra dari orang yang menonton. Banyak yang bilang itu kontennya merendahkan orang lain, memberikan efek buruk kepada penonton," tuturnya.

Ia tidak setuju jika kontennya disebut merendahkan orang lain. Sebab, ia sebelumnya telah meminta izin kepada pria tersebut untuk direkam dan diunggah ke TikTok.

"Dan yang paling penting vibes di sana aku sama bapaknya itu fun. Namanya juga challange ada tantangan dan hadiah. Orang yang melakukannya aja menganggap itu lucu. Dan komentar di dalam videonya dan ngechat aku. Dia bilang bingung mengapa netizen malah marah-marah," sautnya.

Iben yang tinggal di Jakarta Selatan itu mengungkapkan jika anak dari bapak tersebut menghubunginya. Dan menurutnya, anak pria itu tidak merasa tersinggung, sebab aksi itu hanyalah konten dan untuk 'seru-seruan'.

"Mungkin orang tidak tahu the whole scenario itu konten dan langsung menilai sendiri kalau konten itu merendahkan padahal sebenarnya itu nggak," lanjut Iben.

Kini mendapat kritik dan hujatan atas videonya, Iben mengatakan setiap orang pasti mempunyai berbeda pendapat.

"Itu yang aku terapin dalam konsep open minded. Which is bukan berarti kita harus bikin orang persepsi atau pendapatnya sama dengan kita. Kita malah harus menerima ada orang yang berbeda pendapatan sama kita," terangnya.

Ia juga membalas langsung pendapat dari para warganet di akun TikToknya. Iben mengucapkan jika orang yang melakukan tantangan di videonya tidak ada paksaan dan tidak merasa direndahkan.

"Berbeda-beda pendapat itu it's very-very oke. Dan bisa punya beda pendapat. Dan kita gak harus ada pendapat yang benar dan sebagai penonton itu meminta creator agar pendapatnya sama dengan mereka," katanya.

"Dan dari sisi creator pun tidak harus memaksa pendapatnya harus sama dengan dia. Itu si intinya ini perbedaan pendapat dan itu sangat-sangat oke untuk ada di dunia digital seperti sekarang," lanjut Iben lagi.

Iben kini juga mengevaluasi diri agar bisa membuat video yang lebih baik lagi dan bisa bermanfaat untuk orang banyak.

(gaf/eny)