Heboh Anak Tuntut Ayah Sendiri, Tuduh Mempekerjakan Anak di Bawah Umur

Hestianingsih - wolipop Minggu, 25 Jul 2021 18:15 WIB
Child busy playing the smartphone mobile games does not pay attention to the moving car. Boy child playing mobile games on smartphone on the street Foto: iStock
Anhui -

Kelakuan 'ajaib' anak terkadang membuat orangtua mengelus dada, marah dan kesal. Seperti kisah dari daratan China ini yang bikin heboh hingga melibatkan pihak berwajib.

Belum lama ini polisi di Ma'anshan, provinsi Anhui, China, dibuat kaget ketika seorang anak mendatangi kantor dan melaporkan orangtuanya sendiri. Dia menuduh sang ayah telah mempekerjakan anak di bawah umur secara ilegal.

ABG berusia 14 tahun tersebut menuntut ayahnya dipenjarakan karena memaksanya melakukan berbagai pekerjaan rumah. Rupanya itu hanya bentuk kekesalan dan protes karena ia tidak mau menurutinya.

Kasus ini berawal dari sang ayah yang merasa kesal karena anaknya tidak bisa lepas dari smartphone. Anak itu seharian hanya memainkan ponsel hingga mengabaikan pekerjaan rumah dan pelajaran sekolah.

Ayahnya pun memutuskan mengajarkan sang anak tentang kerasnya kehidupan dengan menyuruhnya berhenti main smartphone dan mengerjakan beberapa tugas rumah tangga. Tak terima diperintah, dia kabur ke kantor polisi dan melaporkan sang ayah.

Remaja tersebut melaporkan ayah atas tuduhan mempekerjakan anak di bawah umur. Polisi pun heran dengan laporan tersebut. Alih-alih langsung mencatat laporan, petugas kepolisian memilih memulangkan dia ke rumah dan menemaninya bertemu orangtua, untuk memahami situasi yang tengah terjadi.

Setelah mendapat penjelasan dari ayah dan anak yang sedang 'berseteru', polisi baru mengerti bahwa ini murni masalah keluarga. Laporan itu ternyata hanya didasari oleh kekesalan anak kepada ayah yang merebut ponselnya dan menyuruhnya melakukan pekerjaan rumah tangga.

Menurut hukum China, pekerjaan rumah tangga bukan termasuk kategori mempekerjakan anak di bawah umur. Sehingga polisi memutuskan kalau orangtuanya tak bersalah. Polisi pun menyarankan sang ayah untuk mendisplinkannya dengan menyita ponsel anaknya sementara waktu.

Kisah ini kemudian viral di media sosial dan membuat netizen menghujat kelakuan remaja tersebut. Mereka menyebut dia anak yang tak berbakti dan menyarankan agar orangtuanya membicarakan masalah perilaku ini dengan serius sebelum semuanya terlambat.

(hst/hst)