5 Momen Shandy Aulia Dikritik karena Cara Mengasuh Anak

Eny Kartikawati - wolipop
Selasa, 29 Jun 2021 17:04 WIB
Shandy Aulia dan suaminya David Herbowo serta anaknya, Claire Herbowo. Foto: Instagram/YouTube shandyaulia
Jakarta -

Shandy Aulia diserang netizen yang menyebut anaknya kurang gizi dan berambut jagung. Bukan kali ini saja Shandy mendapat mom shaming terkait pengasuhan anak.

Sejak hamil anak pertamanya, Shandy Aulia sudah kerap mendapat 'serangan' dari netizen khususnya para ibu. Saat hamil, Shandy dikritik karena disebut melakukan olahraga terlalu keras.

Shandy Aulia melahirkan seorang bayi perempuan pada Februari 2020. Sang putri diberi nama Claire Herbowo.

Dan setelah Shandy melahirkan, kritikan padanya berlanjut. Kerap memperlihatkan momen kebersamaan dengan putrinya, Bintang film Eiffel I'm In Love itu pun beberapakali dikritik dan mendapat saran dari netizen terkait pengasuhan anak.

Berikut deretan cara Shandy Aulia mengasuh anaknya yang diserbu kritikan netizen:

1. Anak Shandy Aulia Disebut Kurang Gizi

Seorang netizen menuduh anak Shandy Aulia yang berusia 16 bulan ini kurang gizi dan pertumbuhannya lambat. Tak hanya itu, netizen tersebut pun menyebutkan dengan jelas jika Claire kurang gizi dilihat dari salah satu tandanya yakni rambut jagung.



"Mbak Shandy yg always denial...indikator balita sehat adalah berat badan...lalu tanda2 bayi kurang gizi termasuk: rambut jagung loh...Claire udah termasuk anak kurang gizi...timbang aja di Posyandu Puskesmas, pasti langsung masuk laporan kurang gizi...jadi gemuk pasti artinya sehat, yang gak sehat adalah obesitas...secara kasat mata sahja dapat dilihat Claire itu lambat perkembangannya," tulis netizen di Instagram Shandy Aulia belum lama ini.

Shandy Aulia yang meradang mengusut netizen tersebut. Dia pun menggandeng pengacara Hotman Paris Hutapea untuk melaporkan sang netizen ke polisi.

2. Shandy Aulia Dikritik karena Sekolahkan Anak di Usia 11 Bulan

Shandy Aulia mendapat kritikan setelah mengunggah momen dirinya mengantarkan putrinya Claire ke sekolah untuk pertamakalinya pada awal Februari 2021. Shandy dianggap terlalu dini menyekolahkan putrinya apalagi di masa pandemi COVID-19 ini, di mana sekolah tatap muka belum dianjurkan.

Shandy Aulia antar anak sekolah Foto: Instagram @shandyaulia

"Mom, gapapa kah lagi covid sekolah dini begini? Gemes sih tp terlalu banyak berinteraksi dgn orang lain kan? Temen-temen dan gurunya Claire juga bisa aja OTG, walaupun pasti ada protokol kesehatan dan Swab rutin, tapi tetap aja terlalu beresiko gak sih? Sekedar saran ya, dan gak ada unsur bully-ing disini (sebelum diserang netijen)," tulis seorang netizen. "Terlalu dini menurutku sih," tulis netizen lainnya.

3. Shandy Aulia Berikan Anak MPASI dan Madu di Usia 4 Bulan

Shandy Aulia diserbu kritikan ibu-ibu di Instagram dan channel YouTube miliknya setelah mengunggah konten dirinya memberikan bayinya Claire Herbowo MPASI di usia empat bulan dan salah satu asupannya adalah madu.

Dalam konten YouTube, Shandy Aulia sebenarnya sudah menjelaskan alasannya memberikan Claire MPASI di usia empat bulan. Artis 34 tahun itu mengaku melakukan hal tersebut setelah berkonsultasi ke dokter anak dan dokter gizi.

Shandy Aulia mempersiapkan MPASI untuk anaknya. Foto: Instagram @shandyaulia

"Awalnya aku juga cukup bingung, tapi aku banyak konsultasi dokter dan baca. Dokter anak yang selama ini menangani Claire bilang Claire sangat dipersilakan sebelum enam bulan. Karena daya mengecapnya sudah baik dan Claire sudah mau. Tapi kembali lagi setiap anak berbeda-beda tidak bisa disamakan," tutur istri David Herbowo itu di video YouTube yang diunggahnya pada 11 Juli 2020.

4. Shandy Aulia Dituding Paksakan Anak Belajar Jalan

Shandy Aulia dan Claire Foto: instagram

Shandy Aulia mendapat banyak kritikan dari netizen setelah mengunggah video putrinya yang disebutnya sebagai baby Claire tampak sedang belajar berjalan menggunakan alat bantu. Netizen menuding Shandy terlalu memaksakan anaknya untuk bisa berjalan di usia kurang dari setahun.

5. Shandy Aulia Diam Saja Saat Claire Benturkan Kepala ke Kursi

Pada awal Juni 2021, Shandy Aulia kembali mengunggah momen kebersamaannya dengan sang anak, Claire. Dalam video yang diunggahnya terlihat Claire membenturkan kepalanya beberapakali ke sofa. "Bayi lagi emosi," tulis Shandy Aulia di Instagram Stories.

Shandy Aulia dan putrinya, Claire. Foto: YouTube/Instagram Shandy Aulia

Unggahan Shandy tersebut menuai kritik dari netizen. Netizen mempertanyakan mengapa bintang film The Dol itu hanya merekam Claire yang sedang membenturkan kepalanya.

Seolah tahu dirinya dikritik, Shandy Aulia pun meminta netizen untuk tetap tenang karena anaknya baik-baik saja. "Hmm, terimakasih perhatiannya sedalam ini. Kalau Claire kesakitan pasti sudah jerit kesakitan kok, jangan khawatir yaa Claire baik baik saja. Claire bersama ibunya yang selalu setia menjaganya," ujar Shandy.



Simak Video "Shandy Aulia Bikin Produk Perawatan Rambut Anak"

(eny/eny)
Berita detikcom Lainnya
Berita Terpopuler

Video

Foto

detikNetwork