Bunga Edelweis dan 3 Kontroversi Atta Halilintar - Aurel Setelah Menikah

Eny Kartikawati - wolipop Rabu, 16 Jun 2021 13:15 WIB
aurel hermansyah dikritik Aurel Hermansyah berfoto dengan bunga edelweis. Foto: Instagram Aurel Hermansyah
Jakarta -

Atta Halilintar dan Aurel Hermansyah kembali jadi kontroversi. Kali ini karena pose Aurel memegang bunga Edelweis.

Bunga Edelweis jadi kontroversi terbaru Atta dan Aurel setelah putri Krisdayanti dan Anang Hermansyah itu mengunggah foto dirinya memegang tanaman tersebut. Aurel Hermansyah berpose memegang bunga edelweis di sela-sela liburannya ke Bromo bersama sang suami.

"Selamat pagiii semuaa.. pas kemarin diBromodi kasih Bunga Edelweiss sm suami.. katanya ini bunga keabadian," tulis Aurel pada keterangan foto yang diunggahnya ke Instagram @aurelie.hermansyah.

Gara-gara unggahan itu, Aurel dan Atta Halilintar kemudian banjir kritikan warganet. "Bukannya bunga Edelweis dilindungi ya??? Kok si Atta bisa ngambil Edelweis sebanyak itu sih apakah tidak masalah memetik bunga yang dilindungi? Mohon pencerahannya," tulis salah satu netizen yang mengkritik.

Klarifikasi Atta Halilintar Soal Bunga Edelweis

Atta sendiri sudah mengklarifikasi terkait bunga Edelweis yang dipegang Aurel saat berfoto. YouTuber terpopuler di Asia itu mengaku tidak memetik bunga edelweis. Dia membelinya dari seorang penjual bunga yang menawarkan padanya.

"Jadi ada orang jual bunga, 'Pak tolong bantu saya', saya tanya 'Berapa? Rp40 ribu', nah saya bantu, karena dia bilang belum makan, ya udah saya beli," ujar Atta Halilintar kepada wartawan di Jakarta, Selasa (15/6/2021).

Attamenambahkan dia tak tahu bagaimanaibu penjual bunga itu bisa mendapatkan bunga Edelweis. Attasendiri mengaku tak tahu kalau bunga yang dibelinya itu adalah Edelweis.

"Wah saya nggak tahu (penjual dapat bunga Edelweis dari mana), malah saya nggak tahu tadinya itu bunga apa," ungkap Atta.

Anak sulung keluarga Halilintar itu pun meminta maaf jika perilakunya dianggap salah oleh netizen. "Aku tuh bukan manusia sempurna, banyak salah, jadi kalau ada salah mohon dimaafkan," pintanya.

Bunga edelweis yang dipegang Aurel dan jadi kontroversi ini merupakan bunga yang masuk dalam aturan Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1990 pasal 33 ayat (1) dan (2) tentang Konservasi Sumber Daya Hayati dan Ekosistemnya. Dalam undang-undang itu disebutkan dilarang memetik bunga Edelweis yang tumbuh di gunung untuk menjaga ekosistem lingkungan.

Sebelum bunga Edelweis, Atta dan Aurel juga menuai sejumlah kontroversi lainnya. Berikut tiga hal dari pasangan pengantin baru itu yang menuai kritik warganet. KLIK HALAMAN SELANJUTNYA.

Jokowi Datang ke Pernikahan Aurel Hermansyah - Atta Halilintar

Kontroversi Atta Halilintar dan Aurel Hermansyah sudah terjadi sejak hari pernikahan mereka. Seperti diketahui pernikahan keduanya disiarkan live di televisi dan dihadiri sejumlah pejabat negara termasuk Presiden Jokowi. Bahkan foto pernikahan mereka diunggah oleh media sosial resmi istana kepresidenan.

Gara-gara itu, warganetbanyak yang mengkritik Jokowi karena datang ke pernikahan Atta dan Aurel. "Saya pengagum pak @jokowi tetapi kehadiran PRESIDEN sebagai simbol negara di acara kawinan Atta-Aurel sangat tidak tepat dan berlebihan," cuit netizen.

Kontroversi kehadiran Jokowi di pernikahan Atta dan AurelKontroversi kehadiran Jokowi di pernikahan Atta dan Aurel Foto: dok. Instagram dan Twitter

"Presiden datang ke nikahan atta x aurel karna memang waktunya senggang aja belum ada job ngurusin negara karna negara sedang baik-baik aja,"tulis netizen lainnya.

Atta Halilintar Sebut Suara Suami dari Tuhan

Atta Halilintar jadi kontroversi gara-gara pernyataannya di podcast diYouTube The Hermansyah, tidak lama setelah pernikahannya. Pada saat itu dia melontarkan pernyataan bahwa suara suami dari Tuhan.

"Kalau sudah berkeluarga, aku sudah kepala keluarga bukan pas waktu tunangan. Izin suami, suara suami adalah dari Tuhan. Kalau aku nggak izin ini, kamu harus nurut, enggak bisa kayak sebelumnya," demikian ucapan Atta.

Pernyataannya itu kemudian dikritik oleh salah satu Komisioner Komnas Perempuan bernama Siti Aminah. "Komnas Perempuan tentu prihatin dan kecewa atas pernyataan Atta Halilintar yang patriarkis dan menjadikan lembaga perkawinan atau keluarga sebagai media untuk melanggengkan bentuk-bentuk ketidakadilan gender," kata Komisioner Komnas Perempuan, Siti Aminah, kepada wartawan.

aurel hermansyah keguguranAurel Hermansyah keguguran Foto: YouTube Atta Halilintar

Konten Keguguran Aurel Hermansyah

Aurel Hermansyah mengalami keguguran di kehamilan pertamanya. Namun kabar kegugurannya ini menuai kritik netizen karena dijadikan konten oleh sang suami Atta Halilintar.

Atta mengunggah di YouTube channel miliknya kabar keguguran yang dialami Aurel. "SELAMAT JALAN Anakku," demikian judul vieo YouTube tersebut.

Konten keguguran ini menuai kecaman berbagai pihak. Salah satunya dari penulis dan feminis Kalis Mardiasih.

"Sejujurnya, simpati mendalam ke aurel hermansyah karena pengalaman reproduksinya dieksploitasi jadi konten terus-menerus," tulis Kalis Mardiasih di Twitter, pada 19 Mei 2021.

Penulis buku Indra Widjaya juga termasuk yang memberikan kritik pada konten Aurel keguguran. "Kalau uang membuatku seperti ini, aku bersyukur menjadi yang biasa-biasa saja," tulisnya menyindir Atta Halilintar sebelum masalah bunga Edelweis.



Simak Video "Permintaan Khusus Atta Halilintar untuk Baju Akad"
[Gambas:Video 20detik]
(eny/eny)