Video Viral 'Charlie Bit My Finger' Terjual Rp 11 M, Akan Dihapus YouTube

Rahmi Anjani - wolipop Selasa, 25 Mei 2021 18:35 WIB
Raleigh, NC - USA - June 27, 2011: Woman Holding an iPad Displaying YouTube with the Charlie Bit My Finger Video. Video Charlie bit my finger. Foto: Istock
Jakarta -

Video seorang bayi menggigit jari kakaknya jadi perhatian netizen di tahun 2007. Dikenal sebagai 'Charlie bit my finger', video tersebut sukses bikin gemas penonton karena tingkah polos kedua bocah. 14 tahun berlalu sosok sepasang kakak beradik yang beranjak remaja itu masih bikin penasaran publik. Namun baru-baru ini terungkap jika keluarga akan menghapus video tersebut.

Siapa yang tidak tahu video 'Charlie bit my finger' yang menjadi salah satu postingan paling viral dan kini sudah dilihat lebih dari 880 juta kali. Tingkah lucu Charlie Davies-Carr yang menggigit jari kakaknya Harry selama 55 detik itu pun tidak bosan dilihat sampai sekarang. Sayangnya dikabarkan jika video itu akan dihapus dari YouTube setelah keluarga memutuskan untuk melelangnya sebagai NFT.

Nft atau non-fungible token sendiri merupakan duplikasi dari karya seni atau teknologi yang diedarkan atau dijual secara resmi dan menyerupai aset aslinya dan dibeli menggunakan kriptokurensi. Karena itu, setelah terjual pada Sabtu lalu, video sudah punya pemilik baru dan akan dihapus dari internet selamanya.

Keluarga pun mengungkap alasan mereka melepas video. "Harry dan Charlie yang sekarang berusia 17 dan 15 akan segera memasuki usia dewasa dan memulai babak baru dalam hidup mereka, kesempatan yang bagus untuk memulai perulangan baru dari internet," ungkap perwakilan keluarga dilansir Dailymail.

Charlie sebagai tokoh utama dalam video itu sendiri mengaku menantikan babak barunya. "NFT adalah sebuah hal yang baru. Ketika kami mengunggahnya, YouTube masih baru tapi sekarang NFT menjadi suatu hal baru yang menarik," ujarnya. "Kami adalah salah satu orang pertama yang memulai YouTube dan salah satu orang pertama yang memulai NFT dan kripto," tambah sang ayah Howard Davies-Carr yang memvideokan dan mengunggah video.

Dikatakan jika keluarga akan bertemu dengan pemenang lelang bahkan mencoba 'menghidupkan kembali' video itu. Meski mengaku menantikan babak baru kehidupan mereka setelah dijualnya video, mereka juga tidak punya bayangan seberapa mahal postingan itu akan dibeli orang dan apa yang terjadi setelahnya. Dan kini dilaporkan video itu sudah dibeli £500.000 atau sekitar Rp 11 miliaran.

Keluarga memang tidak menyangka jika video akan membawa mereka sampai di sini. Awalnya Howard merekam tingkah Charlie dan Harry untuk dikirim kepada ayah baptis mereka di Amerika Serikat. Setelah diposting di YouTube, video Charlie bit my finger malah mendapat banyak perhatian hingga diliput sejumlah pemberitaan dan keluarga mereka ditawari berbagai iklan.

Akun YouTube Charlie Bit Me pun hingga kini punya lebih dari 387 ribu subscriber yang sering menyaksikan kegiatan keluarga mereka. Dilaporkan jika orangtua Charlie telah mendapat £100.000 (Rp 20 miliaran) dari satu video itu yang digunakan untuk membayar pendidikan anak-anak.

[Gambas:Youtube]



(ami/ami)