Ratu Kecantikan Di-bully karena Warna Kulit, Disebut Seperti Ayam Gosong

Hestianingsih - wolipop Senin, 10 Mei 2021 09:16 WIB
Miss Universe Canada Nova Stevens. Miss Universe Canada Nova Stevens. Foto: Instagram/@thenovastevens
Jakarta -

Miss Universe Canada 2020 Nova Stevens jadi korban perundungan di internet karena warna kulitnya. Begitu jahatnya jari-jari netizen, sampai dia pernah menangis.

Nova Stevens mengunggah sejumlah komentar rasis yang ditujukan padanya lewat media sosial. Rata-rata mengritik tentang warna kulit wanita 26 tahun ini.

"Ya kita mulai lagi. Saya banyak menerima foto seperti ini di inbox belakangan ini," tulisnya yang diunggah pada 4 Mei 2021.

Pesan yang diterima Nova Stevens berupa foto profil sampingnya dengan berbagai tulisan bernada kasar. Beberapa di antaranya, 'Menakutkan', 'Saya kira dia hantu',' hingga Ayam gosong.'

Miss Universe Canada Nova Stevens.Miss Universe Canada Nova Stevens. Foto: Instagram/@thenovastevens

Ada pula yang menyebut kalau wanita keturunan Afrika ini seperti bukan manusia.

"Aku tidak mau menilai tapi aku benar-benar takut melihatnya, dia seperti bukan manusia," tulis salah satu netizen.

Berdasarkan foto profil dan nama akun yang membanjiri Instagram nya dengan ejekan rasis, Nova Stevens mengklaim kalau netizen berkelakuan kasar tersebut adalah fans pendukung kontestan dari Filipina. Dia pun mengungkapkan kesedihannya dalam sebuah caption panjang.

"Dengan adanya kampanye dunia 'black lives matter, 'Asians area human' aku pikir hal tersebut akan menyatukan kita bersama. Tapi sebaliknya, seperti sejumlah orang masih terperangkap dalam ideologi tak peduli dan rasis mereka," tulisnya.

[Gambas:Instagram]



Nova Stevens melanjutkan, "Saya sungguh kecewa dengan beberapa fans kontes kecantikan dari negara-negara tertentu. Kebencianmu telah merebut kesenangan dan kegembiraan dari kontes sekali seumur hidup ini. Apakah sesulit itu menyebarkan cinta daripada kebencian?"

Nova Stevens menyatakan boleh saja mendukung kontestan Miss Universe favorit, terutama yang berasal dari negara sendiri. Namun bukan berarti mereka harus menjatuhkan kontestan lainnya.

Dalam unggahannya wanita asal Vancouver ini menekankan bahwa dia tidak menggeneralisir bahwa semua pageant lover asal Filipina rasis. Tapi hanya beberapa oknum saja. Dia pun menuturkan banyak pula fans asal Filipina yang memberikannya dukungan.

Nova Stevens merupakan salah satu kontestan yang ikut berkompetisi di ajang Miss Universe tahun ini. Malam final akan digelar di Seminole Hard Rock Hotel & Casino, Hollywood, AS, pada 16 Mei 2021.

(hst/hst)