Viral Bocah Tak Tahu Kepanjangan SD, Jawabannya Bikin Ngakak Sekaligus Miris

Gresnia Arela Febriani - wolipop Selasa, 27 Apr 2021 07:00 WIB
Kisah viral bocah yang tak tahu singkatan kata SD. Video eksperimen sosial. Foto: Dok. Tangkap layar akun TikTok @iben_ma.
Jakarta -

Video empat bocah ini mendadak menjadi perhatian warganet karena tak tahu kepanjangan dari Sekolah Dasar (SD). Video itu langsung viral di TikTok.

Berawal dari eksperimen sosial yang dilakukan oleh Benjamin Jusuf E. M. A. lewat akun TikToknya @iben_ma. Ia membuat eksperimen sosial dengan bertanya pada beberapa gen Z yang ditemuinya soal singkatan dari SD.

Dari video yang diunggahnya itu terlihat Ben melemparkan pertanyaan tentang singkatan dari SD dan meminta anak-anak berusia sekolah dasar yang ditemuinya untuk menjawab. Secara mengejutkan, anak-anak tersebut malah tidak tahu jawaban yang benar dari pertanyaan Ben.

"Lu sekarang kelas berapa?"
"Kelas 1," jawab bocah tersebut.
"SD?"
"Iyah."
"SD kepanjangannya apa?"
"SD Jami, Jami bang."

@iben_ma

Ribet bangat nanya SD aja ini haahha ##SD

♬ buttercup by jack stauber - Tik Toker

Ben pun penasaran mengulang pertanyaan yang sama ke bocah lainnya. Kembali bocah tersebut malah menyebutkan nama sekolahnya.

"Lu sekarang kelas berapa?" Tanya Ben. "Kelas tiga 3A eh 3B," jawab bocah kaus oranye. "SD singkatan dari apa?" tanyanya. "SD Situ 08," jawab bocah tersebut.

Video selanjutnya memperlihatkan Ben kembali meminta bocah tersebut untuk menyebutkan singkatan dari SD.
"Lu sekarang kelas berapa?" tanyanya."Satu," jawab bocah kaus biru."SD itu kepanjangannya apa sih?" tanya Ben."Sekolah Dihapus," jawab bocah itu.

Bocah terakhir, Ben juga memberikan pertanyaan yang sama. "Lu kelas berapa?" tanya Ben. "Kelas 1A Madrasah," jawab bocah kaus biru gradasi hitam. "SD kepanjangannya apa sih?" tanya Ben. "Sekolah," jawabnya. "D-nya apa?" tanya Ben. "Duduk," jawab bocah itu dengan polosnya.

Kisah viral bocah yang tak tahu singkatan kata SD.Kisah viral bocah yang tak tahu singkatan kata SD. Foto: Dok. Tangkap layar akun TikTok @iben_ma.

Video Ben yang diunggah ke TikTok pada Selasa (20/4/2021) itu hingga Senin (26/4/2021) sudah dilihat lebih dari 14,5 juta Views, mendapat 1,3 juta Likes dan 45 ribu komentar. Warganet ada yang geram dan juga tertawa melihat aksi Ben dengan keempat bocah tersebut.

"Miris banget ngeliat anak zaman sekarang," ucap akun @Tik Toker.

"Kebanyakan main game anak-anak sekarang hadeuh," ujar akun @ulan putri

"Sekolah Dihapus.... Ngakak tolong," turur akun TikTok @Arman Vesona.

"Sejak kapan singkatan SD (sekolah dihapus, sekolah duduk)," kesal akun @xigabut.

"WOIII....DARI BANYAK VIDEO YG SUDAH DISHARE , KENAPA YAA BANYAK GENERASI NEGERI KITA INI MAKIN MUNDUR KUALITASNYA," saut akun @John Sting Blanco Official.

Ketika dihubungi oleh Wolipop, Benjamin Jusuf E. M. A. atau biasa disapa Ben mengungkapkan alasanya membuat video TikTok tersebut sebagai eksperimen sosial. Selama ini video-video yang diunggahnya ke TikTok memang sebagian besar adalah jenis eksperimen tersebut.

Kisah viral bocah yang tak tahu singkatan kata SD.Kisah viral bocah yang tak tahu singkatan kata SD. Foto: Dok. Tangkap layar akun TikTok @iben_ma.

(gaf/eny)