5 Fakta Cucu Favorit Pangeran Philip, Dapat Warisan Kereta Kencana dan Kuda

Hestianingsih - wolipop Rabu, 21 Apr 2021 14:47 WIB
WINDSOR, UK - APRIL 16: Sophie, Countess of Wessex and Lady Louise Windsor are seen walking through Windsor on April 16, 2021 in Windsor, United Kingdom. The Queen announced the death of her beloved husband, His Royal Highness Prince Philip, Duke of Edinburgh. HRH passed away peacefully April 9th at Windsor Castle. (Photo by Eamonn M. McCormack/Getty Images) Lady Louise Windsor. Foto: Getty Images
Jakarta -

Lady Louise Windsor merupakan cucu favorit mendiang Pangeran Philip yang mendapat warisan kereta kencana dan dua ekor kuda kesayangannya.

Putri Pangeran Edward dan Sophie, Countess of Wessex, ini memang jarang terekspos publik. Sosoknya baru menarik perhatian saat hadir di pemakaman Pangeran Philip pada Sabtu (7/4/2021). Tidak lain karena ia sudah beranjak remaja.

Jarang terlihat di muka publik, bukan berarti profilnya tidak patut dibahas. Ia memiliki prestasi di olahraga berkuda, hobi yang sama seperti mendiang kakek. Selain itu ada pula sejumlah fakta menarik tentangnya. Apa saja?

1. Cucu Perempuan Termuda

Lady Louise merupakan cucu perempuan termuda Ratu Elizabeth II dan Pangeran Philip. Dia adalah anak pertama dari Pangeran Edward dan Sophie, Countess of Wessex. Ia memiliki satu adik, yakni James Alexander Philip Theo Mountbatten-Windsor, Viscount Severn.

WINDSOR, UK - APRIL 16: Sophie, Countess of Wessex and Lady Louise Windsor are seen walking through Windsor on April 16, 2021 in Windsor, United Kingdom. The Queen announced the death of her beloved husband, His Royal Highness Prince Philip, Duke of Edinburgh. HRH passed away peacefully April 9th at Windsor Castle. (Photo by Eamonn M. McCormack/Getty Images)Lady Louise Windsor. Foto: Eamonn M. McCormack/Getty Images

2. Lahir Prematur

Remaja bernama lengkap Lady Louise Alice Elizabeth Mary Mountbatten-Windsor ini lahir prematur pada 8 November 2003. Ia lahir satu bulan lebih awal dari perkiraan dan kala itu sang ibu harus dilarikan ke rumah sakit.

Lahir prematur, berat badan Lady Louise hanya 2,1 kg. Kelahirannya juga terjadi dengan berbagai komplikasi, salah satunya kehilangan banyak darah pasca persalinan.

3. Mengalami Kelainan Mata

Lady Louise lahir dengan esotropia, kondisi kelainan mata yang membuat matanya juling, ehingga penglihatannya kurang sempurna. Cucu kesayangan Pangeran Philip ini pun harus menjalani operasi di usia 18 bulan untuk memperbaiki matanya.

Prosedur itu ternyata tak berhasil dan dia harus operasi untuk kedua kalinya pada 2014. Di uisa 14 tahun, ia baru bisa melihat dengan jelas.

WINDSOR, UK - APRIL 16: Sophie, Countess of Wessex and Lady Louise Windsor are seen walking through Windsor on April 16, 2021 in Windsor, United Kingdom. The Queen announced the death of her beloved husband, His Royal Highness Prince Philip, Duke of Edinburgh. HRH passed away peacefully April 9th at Windsor Castle. (Photo by Eamonn M. McCormack/Getty Images)Lady Louise Windsor. Foto: Eamonn M. McCormack/Getty Images) Foto: Getty Images

4. Ahli Mengendarai Kereta Kuda

Lady Louise ahli mewarisi bakat mendiang kakeknya, Pangeran Philip, dalam berkuda. Ia kerap kali memperlihatkan kemampuannya mengendarai kereta kuda.

Royal muda ini memang hobi olahraga berkuda dan itu menjadi salah satu alasan kenapa dia menjadi cucu favorit Pangeran Philip. Bakat ini ternyata juga menurun dari neneknya, Ratu Elizabeth II yang juga mahir mengendarai kereta kuda.

5. Sempat Tidak Tahu Kalau Dia Cucu Seorang Ratu

Ibu Lady Louise, Sophie, pernah bercerita saat wawancara dengan BBC bahwa putrinya sempat tidak tahu kalau neneknya adalah Ratu Elizabeth II. Hal itu karena Lady Louise dan adiknya dibesarkan selayaknya anak-anak pada umumnya dan jauh dari sorotan publik.

Baginya, Ratu Elizabeth II hanyalah sosok seorang nenek biasa. Dia baru tahu status sang nenek justru dari teman-teman sekolahnya.

"Dia sempat syok. Saat itu dia pulang dari sekolah dan bilang padaku kalau orang-orang selalu mengatakan bahwa neneknya adalah seorang ratu. Lalu saya jawab, 'Iya benar, bagaimana perasaanmu?' Lalu dia jawab, 'Aku tidak paham.' Menurut saya saat itu dia tidak terlalu memperhatikan karena mungkin mengira ratu itu hanya ada satu," tuturnya.

(hst/dtg)