Pengakuan Intan Wisni Setelah Viral Gelagapan di Final Miss Eco International

Gresnia Arela Febriani - wolipop Kamis, 08 Apr 2021 12:04 WIB
Intan Wisni Permatasari menjadi sorotan warganet usai tampil di malam final ajang kecantikan Miss Eco International 2021. Intan Wisni yang sedang menjadi perbincangan publik. Foto: Dok. Instagram @intanwisni89.
Jakarta -

Intan Wisni Permatasari, Miss Eco Indonesia 2020 menjadi perbincangan publik usai tampil di malam final ajang kecantikan Miss Eco International 2021. Intan berhasil masuk dalam 10 besar dan masuk kategori Best Eco Video.

Beredar video saat malam final, Intan terlihat gugup saat menjawab pertanyaan dari salah satu juri. Intan yang memakai gaun putih didampingi oleh seorang penerjemah bahasa Inggris yang menggunakan masker.

Video tersebut yang diunggah oleh akun gosip @tante_rempong_offficial. Intan meminta menggunakan penerjemah bahasa asing karena menjawab pertanyaan juri dalam bahasa Indonesia. Dia mendapatkan pertanyaan dari juri tentang imigrasi ilegal. Saat memberi jawaban atas pertanyaan tersebut, Intan tampak gugup saat berbicara.

"Imigrasi ilegal adalah di mana suatu negara dan imigrasi yang disetujui dan diperbolehkan oleh negara tersebut, dan memiliki suatu persetujuan like perjanjian sesuatu untuk negara tersebut dan menghasilkan sesuatu untuk kelegalitasan tersebut termasuk dampak PS...PBB, sorry. Thank you," begitu Intan menjawab pertanyaan juri Miss Eco International 2021.

Intan Wisni Permatasari menjadi sorotan warganet usai tampil di malam final ajang kecantikan Miss Eco International 2021.Intan Wisni Permatasari menjadi sorotan warganet usai tampil di malam final ajang kecantikan Miss Eco International 2021. Foto: Dok. Instagram @tante_rempong_offficial.

Usai menjawab pertanyaan dari juri, penerjemah bahasa tersebut langsung mengutarakan apa yang disampaikan oleh Intan Wisni.

"The illegal imigration is contradiction to the law, who the law that united nation has commited law," ucap pria penerjemah tersebut.

Aksi penerjemah bahasa dan jawaban Intan tersebut langsung mendapatkan berbagai reaksi dari warganet. Warganet mempertanyakan Intan yang tidak mengerti pertanyaan dari salah satu juri. Dan ada juga yang bingung kenapa Intan tidak bisa berbahasa Inggris.

Klarifikasi Intan Wisni Wakil Indonesia di Miss Eco International 2021

Setelah video tersebut tersebar, muncul video klarifikasi yang dibuat oleh Intan Wisni. Dalam video tersebut ia tampak memegang kamera depan sambil meminta maaf atas kesalahannya ketika di malam final Miss Eco International 2021. Intan sendiri saat ini masih berada di Mesir setelah menjalani grand final Miss Eco International yang berlangsung 5 April 2021.

"Assalamualaikum Indonesia, selamat pagi dan selamat malam dari Egypt. Mohon maaf atas jawaban aku yang jauh dari kata sempurna dan aku memakai translator kenapa? Karena aku sangat masih shock karena aku masuk 10 besar. Dan belakang panggung se-hectic itu. Dan aku tipe orang yang panikan dan masih kebawa suasana hectic," ungkap Intan yang tampil memakai gaun dan anting mutiara putih.

Intan Wisni mengaku dirinya terkejut dan tidak menyangka akan diberikan pertanyaan soal imigrasi ilegal. Sebab yang selama ini ia pelajari tentang isu wanita dan lingkungan.

Perlu diketahui Miss Eco International merupakan kontes kecantikan yang berbasis di Mesir. Kontes kecantikan yang terdaftar di Kementerian Kebudayaan Mesir sejak 2015 tersebut bertujuan mempromosikan kepedulian lingkungan dan eco-tourism.

"Kenapa aku pakai translator, karena aku nggak mau terbata-bata tapi ternyata aku benar-benar shock pertanyaanya itu soal politik. Pertanyaan Miss Eco itu sebatas wanita dan lingkungan. Aku hanya belajar sebatas itu saja. Aku tidak menyangka tentang imigrasi. Aku mohon maaf, sangat-sangat minta maaf. Aku hanya bisa sampai sini," ujarnya.

"Aku ada trauma ngomong bahasa Inggris di depan panggung karena aku pernah di-bully. Aku pengen challenge diri aku sampai ajang ini. Makanya aku mau ikut ajang internasional ini. Aku masih teringat traumatik aku," tambah Intan Wisni.

Intan Wisni Permatasari menjadi sorotan warganet usai tampil di malam final ajang kecantikan Miss Eco International 2021.Intan Wisni Permatasari menjadi sorotan warganet usai tampil di malam final ajang kecantikan Miss Eco International 2021. Foto: Dok. Instagram @intanwisni89.

Melalui akun Instagramnya @intanwisni89, Intan Wisni juga mengungkapkan perasaannya yang tetap berdiri kuat usai kejadian malam final Miss Eco International 2021 di Mesir.

"Saya tetap di sini, berdiri dengan tegap dan lantang di tempat saya berada. Saya tetap Kuat, karna saya punya Visi Dan Misi untuk tetap Menguatkan Oranglain. Seribu orang menentang dan menertawakan perjuangan saya, 1 kalimat dari Ibu saya yaitu "Ibu bangga sama kamu dek". Menjadi sumber kekuatan saya," tulis Intan Wisni di Instagram pada Rabu (7/4/2021).

Wanita 24 tahun itu mengaku sempat tidak diakui sebagai anak oleh orangtuanya karena keukeuh mengikuti kontes kecantikan. Kejadian itu dialaminya pada 2017. Namun kini setelah menjadi top 10 Miss Eco International 2021, ibunya mengungkapkan rasa bangganya.

"2017 saya sempat tidak diakui anak, karna keinginan saya untuk tetap berkelut di dunia pageant. Tapi 2021, Ibu saya mengucapkan kata "Bangga" kepada saya. Itu sudah jauh lebih cukup untuk saya dan menjadikan perkataan tersebut bahan bakar saya agar tetap Kuat dan Menguatkan "mereka" yang membutuhkan. "Mereka" yang ditertawakan dan "mereka" yang di remehkan. #KuatUntukMenguatkan For #OurBetterEarth," lanjut postingan Intan Wisni.

(gaf/eny)