Asal Usul April Mop dan 8 Fakta Soal Hari 'Lelucon' yang Sering Dihujat

Eny Kartikawati - wolipop Kamis, 01 Apr 2021 10:30 WIB
April fools day, Typography, Colorful, flat design stock illustration Asal usul April Mop. Foto: Getty Images/KaanC
Jakarta -

April Fools atau oleh orang Indonesia disebut sebagai April Mop merupakan hari di mana orang-orang bisa berbohong atau membuat lelucon untuk mencandai orang lain. Sebenarnya dari mana asal usul April Mop?

April Mop atau April Fools dirayakan setiap tanggal 1 April. Pada 2020 kemarin ketika Virus Corona sedang 'ganas-ganasnya' di seluruh dunia, perayaan April Mop sempat dilarang karena bisa dianggap menyebarkan kekhawatiran dan kesedihan.

Seiring semakin banyaknya kabar hoax, April Mop juga dianggap sebagai hari di mana penyebaran hoax semakin merajalela. Oleh karena itulah April Mop kerap dikritik oleh banyak pihak karena dituding merugikan.

Sebenarnya dari mana asal-usul hari April Mop? Berikut delapan fakta menarik soal April Mop yang kerap disebut sebagai 'Hari Kebohongan' atau Hari 'Lelucon':

April fool's day, Typography, Colorful, flat design stock illustrationSejarah April Mop 'dirayakan' setiap 1 April Foto: Getty Images/KaanC

1. April Mop Berdasarkan Sejarah Prancis

Asal-usul April Mop seperti dikutip dari CNN International tidak diketahui pasti. Beberapa orang meyakini sejarah April Mop berasal dari Prancis. Pada abad 16 di Prancis, Tahun Baru berubah di kalender Georgian dari awalnya 1 April menjadi 1 Januari. Namun beberapa orang tetap merayakan Tahun Baru pada 1 April ketimbang 1 Januari. Orang-orang yang merayakan Tahun Baru pada 1 April ini kemudian disebut sebagai April fools dan orang-orang jadi mempermainkan mereka.

2. Sejarah April Mop dari Puisi Penyair Inggris

Teori lainnya soal sejarah April Mop adalah berasal dari puisi dari karya Geoffrey Chaucer yang dibuat pada abad 14. Dalam puisnya Chaucer menulis lelucon yang menyebutkan soal 32 hari sejak Maret dimulai. Orang-orang pun meyakini hari itu adalah 1 April. Namun sebagian besar orang tidak yakin dengan teori ini dan mengatakan bahwa itu hanyalah kesalahan penulisan dari penyair Inggris itu.

April fool's day, Typography, Colorful, flat design stock illustrationApril Mop Foto: Getty Images/KaanC

3. Arti April Mop di Prancis

April Fools atau April Mop dirayakan di seluruh dunia dengan berbagai cara. Bagi orang Prancis arti April Mop setiap 1 April adalah hari Poisson d'Avril. Pada hari itu anak-anak di Prancis mengerjai teman-temannya dengan menempelkan kertas di punggung. Saat si teman yang dikerjai sadar ada kertas itu, orang yang membuat lelucon akan berteriak, "Poisson d'Avil.'

4. Cara Merayakan April Mop di Skotlandia

Masyarakat Skotlandia merayakan April Mop dalam dua hari. Pada hari pertama adalah April Mop atau disebut juga dengan nama Hari Gowkie. Dan hari kedua disebut Taily Day. Pada hari April Mop orang-orang membuat prank dengan menuliskan 'tendang aku' dan dipasang di punggung teman.

5. April Mop Ala BBC

Sejak zaman dulu orang-orang sudah merayakan April Mop. Bahkan media legendaris seperti BBC juga merayakan April Mop sejak 1950. Pada tahun tersebut BBC merilis berita 'kebohongan' dalam rangka April Mop yang menyebutkan bahwa ada panen spaghetti di Swiss.

6. Donald Trump Dikerjai Anaknya Saat April Mop

President Donald Trump, first lady Melania Trump and Barron Trump board Air Force One at Morristown Municipal Airport in Morristown, N.J., Sunday, Aug. 18, 2019, en route to Andrews Air Force Base, Md. (AP Photo/Patrick Semansky)Donald Trump pernah dikerjai anaknya Barron Trump saat April Mop Foto: AP Photo/Patrick Semansky

Putra mantan Presiden Amerika Serikat Donald Trump, Barron Trump, pernah membuat lelucon April Mop yang menggemparkan. Saat itu Barron yang berusia 14 tahun memberitahu ayahnya saat sarapan bahwa dia mendengar berita di Fox News ada invansi dari makhluk luar angkasa. Trump saat itu langsung menggelar meeting darurat dengan Dewan Keamanan Nasional. Dia juga sempat menulis di Twitter adanya invansi dari makluk Mars. Namun pada siang harinya, seperti dikutip dari Daily Mail, Melania Trump memberitahu pada sang suami bahwa hal itu hanyalah lelucon April Mop dari putra mereka.

7. Lelucon April Mop Volkswagen

Pada 2021 ini merek mobil Volkswagen banyak dikritik gara-gara lelucon April Mop yang sangat viral. Volkswagen saat itu mengeluarkan pernyataan akan mengganti nama brand mereka menjadi 'Voltswagen'. Orang-orang sempat meyakini bahwa kabar tersebut benar, namun kemudian Volkswagen merilis pernyataan lagi bahwa pergantian nama brand itu hanyalah sebuah April Mop.

8. Idol K-Pop Dihujat Gara-gara Ngaku Corona Padahal April Mop

Pada 2020, idol K-Pop Kim Jae Joong dihujat netizen karena bercanda soal virus corona, dalam rangka April Mop. Pada Rabu (1/4/2020) lewat akun Instagram nya, artis K-pop Kim Jae Joong mengaku positif terinfeksi virus corona. Namun pengakuan Kim Jae Joong yang terinfeksi virus corona ternyata bohong belaka. Dia sengaja melakukannya karena April Mop.



Simak Video "Tren Mukena Anak 2021"
[Gambas:Video 20detik]
(eny/eny)