11 Skincare yang Tidak Aman untuk Ibu Hamil, Ini Daftarnya

Tanaya Shella Julyana - wolipop Jumat, 12 Mar 2021 17:42 WIB
Ilustrasi skincare tidak aman untuk ibu hamil. Foto: Getty Images/iStockphoto/Makidotvn Ilustrasi skincare tidak aman untuk ibu hamil. Foto: Getty Images/iStockphoto/Makidotvn

9. Oxybenzone

Pada 2019, FDA AS mengungkapkan penelitian lebih lanjut tentang oksibenzon dan 11 filter tabir surya kimiawi lainnya (termasuk avobenzone dan oktisalat). Skincare dengan kandungan oxybenzone diduga bisa menganggu fungsi endokrin dan bersifat karsinogenik atau dapat menyebabkan pertumbuhan sel kanker.

10. Parabens dan Phthalates

Parabens dan Phthalates ditemukan dalam segala hal mulai dari alas bedak hingga sampo. Bbahan kimia ini telah digunakan untuk mengawetkan dan menstabilkan formulasi produk. Mereka dikenal sebagai pengganggu endokrin yang dapat mempengaruhi sistem reproduksi.

11. Thioglycolic Acid

Thioglycolic Acid bisa ditemukan dalam krim untuk mencukur bulu. Bahan kimia ini kadang terdaftar sebagai merkaptoasetat atau merkaptan. Meskipun tidak ada penelitian yang solid tentang efek sampingnya, risikonya dianggap tidak sepadan. Senyawa kimia ini dapat menyebabkan iritasi pada kulit hingga jika digunakan terus-menerus dapat menyebabkan kanker.

Demikian macam-macam kandungan skincare yang tidak aman untuk ibu hamil. Sebaiknya selalu konsultasikan dulu ke dokter sebelum menggunakan skincare pilihan kamu ya.

Halaman
1 2 Tampilkan Semua

(eny/eny)