Miliarder Jepang Ajak 8 Orang Tur ke Bulan Pakai Roket Elon Musk, Gratis!

Hestianingsih - wolipop Rabu, 03 Mar 2021 09:08 WIB
yusaku maezawa elon musk space x bulan Yusaku Maezawa dan Elon Musk. Foto: Instagram/yusaku2020
Jakarta -

Miliarder asal Jepang Yusaku Maezawa termasuk salah satu orang yang akan ikut tur perjalanan keliling bulan menggunakan roket Starship SpaceX milik Elon Musk. Untuk menemaninya jalan-jalan di bulan, Yusaku pun mengajak serta delapan orang.

Saat ini pria 45 tahun itu mencari siapa saja orang-orang yang berhak meluncur bersamanya ke bulan. Yusaku Maezawa juga akan menanggung semua biaya perjalanan secara full.

"Saya mengundang Anda untuk bergabung dalam misi ini," ujarnya lewat rekaman video, Rabu (3/3/2021), seperti dikutip dari CNBC.

Proyek perjalanan ke bulan ini ia beri nama dearMoon. Rencananya akan ada 10 hingga 12 orang yang akan ikut, di mana delapan di antaranya merupakan orang awam, yang akan dipilihnya sendiri.

yusaku maezawa elon musk space x bulanYusaku Maezawa dan Elon Musk. Foto: Instagram/yusaku2020

Misi dearMoon ini akan memakan waktu tiga hari untuk sampai ke bulan, dan tiga hari juga dalam perjalanan pulang ke Bumi. Bagi yang berminat, bisa registrasi lewat situs resmi dearMoon. Pendaftaran akan ditutup pada 14 Maret 2021.

Syarat-syarat pendaftaran adalah menyertakan informasi nama, negara asal, alamat email dan foto profil. Proses seleksi administrasi akan dimulai pada 21 Maret 2021.

Setelah beberapa tahap seleksi, kandidat yang potensial akan menjalani wawancara final dan pemeriksaan medis, dijadwalkan pada akhir Mei 2021. Apa saja sih kriteria kandidat yang akan dipilih Yusaku Maezawa untuk ikut tur ke bulan?

Pertama, kandidat bersedia menjalani semua aktivitas yang akan dilakukan sebelum, saat mendarat dan pulang di/dari bulan. Kedua, delapan orang tersebut harus mau dan mampu membantu anggota kru lainnya dalam perjalanan di bulan.

Yusaku MaezawaYusaku Maezawa. Foto: Instagram

Yusaku Maezawa penumpang pertama SpaceX ke bulan. Di negeri asalnya, Jepang, Yusaku sukses merintis bisnis fashion bernama Zozotown.

Dalam perjalanan kiprahnya, Zozotown cukup berjaya. Bahkan majalah Vogue dalam sebuah artikel di situsnya 2016 silam, menyamakan kesuksesan Zozotown dengan perusahaan sejenis seperti Amazon dan Net-a-Porter.

Pundi-pundi Yusaku Maezawa ikut bertambah berkat kesuksesan Zozotown. Per Mei 2017, Forbes mengestimasi kekayaan pria 42 tahun itu mencapai US$ 2,9 miliar atau sekitar Rp 43 triliun.

Yusaku dijadwalkan berangkat ke bulan pada 2023 dengan pesawat ruang angkasa bernama Big Falcon Rocket buatan SpaceX.

(hst/hst)