Terungkap Bayaran Idol KPop Saat Bintangi Drama Korea, 1/10 dari Aktor

Rahmi Anjani - wolipop Rabu, 17 Feb 2021 16:02 WIB
Jaket Cha Eun Woo Foto: Dok. tvN
Jakarta -

Bermain dalam drama menjadi cabang karier yang diincar para idol KPop. Hal itu pun didukung dengan banyaknya produksi drakor yang menargetkan artis KPop meski mereka tidak punya pengalaman akting. Sebuah laporan pun mengungkap alasan mengapa idol sering dipilih untuk membintangi proyek drama. Selain karena popularitas ternyata bayaran menjadi salah satu hal yang dipertimbangkan.

Semakin banyak yang idol KPop yang beralih menjadi aktor bahkan langsung menjadi pemeran utama. Meski disambut antusias oleh para penggemar tak jarang para penonton menyangsikan akting mereka. Dalam sebuah artikel yang kembali jadi perbincangan, dikatakan oleh 'orang dalam' di industri hiburan jika para idol disukai karena meminta bayaran yang cenderung lebih rendah dari pada aktor.

Gelang PersahabatanFoto: Dok. tvN

Menurut artikel, kebanyakan aktor akan meminta bayaran mulai dari ₩50 juta (Rp 630 jutaan) atau dua kali lipatnya untuk setiap episode. Sedangkan idol umumnya dibayar lebih rendah dari itu meski kadang tergantung juga dengan popularitas mereka. Sumber tersebut mengatakan jika artis KPop biasanya meminta 1/10 dari bayaran aktor. Umumnya mereka tidak dibayar lebih dari ₩5 juta (Rp 63 jutaan) per episode bahkan untuk idol yang terbilang populer.

Laporan itu juga menyebut jika seorang aktor pendatang baru akan meminta bayaran sekitar ₩7 juta (Rp 88 jutaan) atau lebih jika mereka sudah lebih dikenal. Karena itu, beberapa produksi drama lebih tertarik untuk meng-casting idol yang sudah pasti bayaran lebih sedikit. Apalagi jika drama tersebut memang 'low budget' atau peran yang ditawarkan kepada idol tidak butuh akting khusus dan banyak dialog.

drakor Dear Mdrakor Dear M Foto: Dok. KBS2

Disebutkan oleh sumber jika sebenarnya publik atau penonton drama kurang menyukai idol Kpop yang mencoba menjadi aktor. Namun beberapa idol punya popularitas yang bisa dibilang hampir sama bahkan melebihi aktor-aktor kenamaan. Apalagi kini KPop dikenal secara global dan biasanya mereka juga dibekali pelajaran akting selama training sebelum debut. Karena itu, ada potensi di sana.

Meski begitu, dikatakan jika umumnya banyak sutradara tetap akan meng-casting idol bukan karena talenta 'mentah' yang bisa diasah namun lebih kepada fans, visual, atau hanya karena budget rendah. Tapi tentunya tak semuanya demikian. Banyak idol yang memang diincar sutradara karena dikenal bisa akting dan laporan angka tersebut tidak bisa jadi patokan untuk semua idol-aktor.

Irene Red VelvetIrene Red Velvet Foto: dok. KT Hitel
(ami/ami)