Mantan Penyiar TVRI Inke Maris Meninggal Dunia, Ini Profil dan Jejak Kariernya

Puti Yasmin - wolipop Jumat, 01 Jan 2021 15:15 WIB
Inke Maris Meninggal Dunia Foto: Instagram/Mantan Penyiar TVRI Inke Maris Meninggal Dunia, Ini Profil dan Jejak Kariernya
Jakarta -

Kabar duka datang dari Inke Maris, mantan penyiar senior TVRI. Inke Maris meninggal dunia pada Kamis (31/12/2020) kemarin di usia 72 tahun.

Dikutip dari Instagram resmi Inke Maris Associates, Inke Maris akan dimakamkan pada hari ini, Jumat (1/1/2021). Sebelumnya, jenazah telah disemayamkan di rumah duka Jl MPR Raya Kav 8 No 8, Cilandak Barat, Jakarta.

Biodata Inke Maris dikutip dari buku '100 Great Women' terbitan Redaksi Jogja Bangkit:

  • 1. Inke Maris Waktu Muda

Inke Maris lahir dengan nama lengkap Nyi Raden Maria Dindiarti Natanegara pada tanggal 7 Desember 1950 di Bogor, Jawa Barat. Sebelum dikenal seperti sekarang, ia diketahui membangun kariernya dari nol.

  • 2. Bekerja di Radio

Usai lulus dari sekolah bidang komunikasi, Inke Maris bekerja di radio BBC di Bush House, Aldwych, London. Diketahui, ia bekerja dari tahun 1969 sampai 1982 menjadi reporter, penyiar, hingga produser.

Selain bekerja di radio, kala itu Inke Maris juga dipercaya menjadi koresponden Sinar Harapan dan Penerjemah Kantor Istana Presiden.

  • 3. Jadi Penyiar TVRI

Inke Maris kembali ke Indonesia bersama suaminya Rizal Maris. Bersamaan dengan itu, ia memilih untuk bekerja sebagai reporter, penyiar, serta produser TVRI dari tahun 1982 hingga 2001.

Setelah itu, ia dipercaya menjadi Public Relation Manager World Trade Centre (WTC) Jakarta tahun 1984-1986. Di tahun 2000 hingga 2001 ia juga pernah diangkat menjadi Staf Ahli Bidang Komunikasi Menko Perekonomian.

  • 4. Inke Maris dan Karier

Selama Kariernya, Inke Maris setidaknya pernah mewawancarai 400 tokoh terkemuka dari nasional hingga internasional. Adapun tokoh dunia yang dimaksud, antara lain PM Inggris Margaret Thatcher, Pemimpin PLO Yasser Arafat, PM Australia Paul Keating, Presiden Bank Dunia James D Wolfensohn, PM India Rajiv Gandhi, hingga Direktur Asia Pasifik IMF Hubert Neiss.

  • 5. Mendirikan Inke Maris & Associates

Inke Maris pada tahun 1987 mendirikan perusahaan public relation (PR) bernama Inke Maris & Associates bersama dengan suami dan adik-adiknya. Dengan berdirinya perusahaan itu, ia juga dikenal sebagai pelopor jasa PR di Indonesia.

Selamat jalan Inke Maris!



Simak Video "Selamat! Bintang 'Wonder Woman' Gal Gadot Hamil Anak Ketiga"
[Gambas:Video 20detik]
(pay/pal)